Kita semua tahu bahwa di Indonesia memiliki banyak pengusaha sukses di berbagai sektor bisnis di Indonesia. Tetapi ada yang lain, mereka berhasil menjalankan bisnis ketika mereka memiliki usia yang tergolong muda. Bahkan beberapa dari mereka menghasilkan Miliaran Rupiah pertamanya sebelum mereka mencapai usia yang dominan pada umumnya.

Dengan berlandaskan komitmen, kerja keras dan tekad yang kuat mampu mengantarkan mereka menjadi seorang pengusaha muda yang berhasil menjalankan bisnisnya dengan sukses.

Beberapa pengusaha muda di Indonesia ini mampu menjadi penopang perekonomian dan menjadikan Indonesia memiliki bargaining power di mata dunia.

5. Dea Valencia (Batik Kultur)

Pendiri Batik Kultur. Photo: @deavalencia/Instagram

Dea Valencia merupakan salah satu  pengusaha muda Indonesia yang sukses dibidang fashion. Namanya mulai melambung saat ia membuat sebuah usaha Batik Kultur di daerah Semarang, saat usianya yang masih berusia 19 tahun.

Corak desain yang simple dan bergaya kekinian dalam mendesain batik ternyata banyak diminati orang. Di usianya kini yang tergolong muda, Dea berhasil menjadi seorang pengusaha sukses di bidang fashion. Omzet dari usaha Batik Kultur ini sendiri sudah mencapai ratusan juta perbulan.

4. Ali Muharam (Makaroni Ngehe)

Owner Makaroni Ngehe. Photo: @alvow/Instagram

Merupakan salah satu pengusaha muda Indonesia yang sukses dari bisnis jajanan, sosok di balik Makaroni Ngehe, ia adalah Ali Muharam. Seorang pengusaha muda asal Tasikmalaya yang dulunya merupakan seorang office boy lulusan SMA yang bekerja di Bogor.

Ali Muharam sukses menjalankan bisnisnya Makaroni Ngehe, salah satu cemilan favorit bagi warga ibu kota dengan rasanya yang gurih dan nikmatnya. Bermodal 20 juta yang ia dapatkan dari pinjaman uang temannya, memulai usaha kulinernya dengan berjualan gerobak keliling. Perlahan, usah Makaroni Ngeheh miliknya berkembang dengan pesat selama 8 bulan. Usahanya kini mampu meraih omzet hingga 3 miliar.

3. Jonathan Tahir (Mayapada Hospital)

Photo: Jonathan Tahir oleh Kontan

Dibalik sosok kesuksesan Mayapada Hospital ada nama Jonathan Tahir sebagai Chief Executive Officer (CEO) sekaligus Komisaris Utama PT Mayapada Healthcare Group. Pria kelahiran 26 Februari 1987 ini sukses menggarap dan membangun bisnis di bidang kesehatan di Indonesia. Ia akui, pengembangan bisnis kesehatan ini ia jalankan sendiri secara maksimal, di bawah kendali Mayapada Healthcare yang mengoperasikan Mayapada Hospital.

Bisnis Mayapada Healthcare yang di nakodai oleh pengusaha muda ini telah memperkerjakan sekitar 2.000 karyawan. Selain itu Jonathan saat ini juga tercatat sebagai pemegang saham PT Maha Properti Indonesia Tbk (MPRO). Namun di MPRO, penggemar klub sepakbola Juventus ini mengaku hanya sebagai pemegang saham saja, tidak terjun mengurusi bisnis perusahaan yang fokus di bidang development.

2. Hendy Setiono (Baba Rafi)

Hendy Setiono Founder & CEO of Baba Rafi Enterprise. Photo: Wikipedia

Hendy Setiono merupakan pengusaha muda Indonesia yang sukses dibidang kuliner lainnya. Jenis bisnis kuliner yang dijalankan oleh Hendy adalah Kebab Baba Rafi.

Hendy memulai usahanya dengan istri pada tahun 2007 dengan hanya bermodalkan gerobak dan berjualan keliling. Perlahan namun pasti usahanya kini menjadi sukses dan memiliki 1.200 outlet di Asia Tenggara.

1. William Tanuwijaya (Tokopedia)

Pendiri Tokopedia. Photo: @liamtanu/Instagram

Pengusaha startup sukses di Indonesia selanjutnya adalah William Tanuwijaya. Namanya kian melambung karena berhasil membawa Tokopedia menjadi startup unicorn di Indonesia. Pengusaha muda lulusan Universitas Bina Nusantara (Binus) ini mendirikan Tokopedia pada tahun 2007.

Sempat ditolak investor di beberapa tahun sebelumnya, namun di tahun 2009, William mendapatkan kucuran dana untuk mengembangkan usahahanya hingga seperti sekarang. Kini Tokopedia menjadi marketplace terbesar di Indonesia dengan perkiraan nilai valuasi yang mencapai US$7 miliar.

Menariknya, kabarnya Tokopedia diisukan akan merger dengan Gojek di April 2021 ini. Kesepakatan ini sebelumnya akan menghasilkan merger bernilai US$18 miliar dan menjadi yang terbesar di Indonesia menurut sumbernya.