Yuk mari kita lihat Software animasi GRATIS terbaik yang dapat Anda unduh dan digunakan saat #dirumahaja.

Buat Anda yang tertarik untuk terjun dalam dunia animasi mungkin banyak mencari-cari dimana Anda dapat menemukan pilihan Software Animasi gratis yang tersedia saat ini. Mulai sekarang Anda dapat menerapkan keinginan itu, mengetahui dan Belajar mengenai software apa yang digunakan dalam pembuatan Animasi. Berikut ini adalah software-software gratis yang sering digunakan oleh para profesional di industri animasi!


Blender

Okey yang pertama, alat menggambar Blender dikenal sebagai Grease Pencil – memungkinkan Anda untuk menggambar di format 3D. Software ini juga sempurna untuk dipergunakan membuat animasi 2D tradisional, animasi cut-out, dan gambar gerak yang digambar dengan tangan.

Software ini memungkinkan Anda untuk menggambar di lingkungan 3D, membuat gambar gerak yang digambar tangan, serta animasi 2D tradisional.

Jika Anda sudah terbiasa dengan set alat 3D Blender, maka Anda harus dapat mencobanya secara langsung. Jika Anda benar-benar baru di Blender, lihat tutorial berikut ini.


SketchBook

SketchBook sebelumnya ini adalah Software animasi berbayar dari Autodesk, tetapi sekarang benar-benar gratis! Mirip dengan Pencil2D, SketchBook adalah program bagi pemula yang sempurna. Memiliki tampilan pengguna yang mudah diambil dan dipahami – bahkan tanpa tutorial. Kuas juga terasa sangat alami ketika Anda menggambar di tablet.

Sketchbook merupakan aplikasi dan tata letak layout yang mudah untuk digunakan

SketchBook adalah aplikasi animasi yang banyak digunakan para Animator. Sebagian pembuat film, banyak menggunakan Sketchbook untuk membuat teks tulis atau beragam animasi. Memiliki fitur yang mudah untuk digunakan dan memungkinkan Anda untuk mengatur ulang UI sesuai dengan kebutuhan Anda. Lihat Tutorial Sketckbook Autodesk untuk mempelajari lebih lanjut.


Pencil2D

Pencil2D adalah aplikasi animasi 2D sederhana yang mudah digunakan, secara luas dianggap sebagai program pemula yang sempurna dan ideal untuk animasi frame-by-frame.

Pencil2D memiliki kemampuan untuk melihat frame per frame projek animasi anda sebelumnya untuk membuat frame berikutnya. Lihat halaman Tutorial Pencil2D untuk memulai.


Krita

Krita adalah salah satu aplikasi animasi gratis yang paling Ideal untuk animasi yang menggunakan gambar tangan. Krita dapat mencakup lebih dari 100 layout yang telah dimuat sebelumnya dalam data, dan masing-masing memiliki beragam efek.

Krita sangat bagus untuk animasi penggambar tangan, memiliki stabilizer kuas bawaan, dan berbagai macam efek untuk penggunaan tablet.

Krita juga memiliki stabilizer untuk kuas bawaan yang dapat menghaluskan penggunaan tangan yang kerap goyang, membuatnya menjadi bagus. Ingin belajar lebih banyak? Lihatlah tutorialnya buat Anda yang pemula!


OpenToonz

OpenToonz adalah aplikasi animasi 2D populer lainnya, dan diterima secara luas sebagai pengganti aplikasi gratis seperti Adobe Animate. Ini mungkin digunakan oleh Animator Profesional daripada aplikasi pemula lainnya, dengan memiliki sejumlah fitur profesional yang juga mendukung gambar bitmap dan vektor.

Untuk melihat lebih dekat, lihat tutorial OpenToonz nya