Baik kamu seorang desainer, art, atau animator, di industri kreatif menuntut kita untuk lebih banyak file multimedia setiap hari. Dan audio salah satu paling dekat dapat menghidupkan proyek kamu. Baik itu klip video produk, atau pertunjukan slide web. Kita tentu sepakat bahwa suara dapat menjadi komponen penting untuk meningkatkan pengalaman penonton.

Namun, menurut kami, kamu memerlukan software yang tepat untuk memberi kamu kemampuan penuh dari lagu yang telah kamu kerjakan muncul dalam kepala kamu – sesuatu untuk benar-benar mentransfer ide-ide itu menjadi kenyataan.

Hal terbaik tentang menambahkan suara ke perangkat kamu adalah bahwa ada begitu banyak cara untuk melakukannya, sehingga kamu dapat menemukan jalur yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu miliki. Ok, berikut software Audio production yang sering digunakan oleh Creator Content.

 

01. Ableton Live

System : Mac, Windows

Free trial | Full versions (Live 10 Intro | Live 10 Standard)

Sejak diperkenalkan pada tahun 1999, Ableton Live terus berkembang sebagai DAW (Digital Audio Workstation) yang sangat populer. Bahkan sekarang kamu dapat memiliki rekaman multi-track standar (jumlah tidak terbatas trek audio / MIDI untuk lagu) dan memotong / menempel / menyambung fitur-fitur, tetapi yang terutama luar biasa dari perangkat lunak ini adalah perangkat keras urutan MIDI yang mulus.

Dengan fitur interaktif yang sangat mendukung keperluan DJ atau Electronic music. Namun live juga bisa digunakan untuk berbagai jenis musik lainnya. Hanya saja, fungsinya yang flexible, kreatif dan innovative, cocok untuk mereka yang senang bereksperimen.

 

02. FL Studio

System : Windows, Mobile Apps

Free Trial | Full Version FL Studio 12

Sebelumnya dikenal sebagai FruityLoops, workstation audio digital yang dikembangkan oleh perusahaan Belgia, yaitu Image-Line. FL Studio adalah fitur antarmuka pengguna grafis berdasarkan pada musik sequencer berbasis pola dan salah satu yang paling sering digunakan workstation audio digital di seluruh dunia pada tahun 2014. Program ini tersedia dalam tiga edisi yang berbeda untuk Microsoft Windows, diantaranya Fruity Edition, Producer Edition, dan Signature Bundle. Image-Line menawarkan update gratis seumur hidup untuk program, yang berarti pelanggan menerima semua pembaruan masa depan perangkat lunak gratis. Image-Line juga mengembangkan FL Studio Mobile untuk iPod Touch, iPhone, iPad dan perangkat Android.

 

03. Apple Logic Pro X

System : Mac Only

Full Version | No free trial available!

Seperti layaknya software lain, cara kerja Logic Pro X sama saja dengan software lain, dan jika bicara DAW mana yang paling bagus itu tergantung kebutuhan masing masing, dan semua pasti ada kekurangan dan kelebihannya.

Logic Pro X mempunyai sound library bawaan yang cukup banyak dan bervariasi, pattern gitar, drum, bas, piano, string, techno dan bermacam genre musik. Jadi untuk kamu yang sedang belajar aransemen Logic Pro X sangat membantu dalam proses pembentukan sebuah nuansa musik.

 

04. Avid Pro Tools

System : Mac, Windows

Free Trial | Full Version Software with Annual Upgrade

Software yang sampai saat ini menjadi standard software audio di dunia. Salah satu keunggulan Pro Tools adalah kita bisa merekam mengunakan versi software yang sederhana dan dengan mudah di buka dan di edit menggunakan versi lain yang lebih tinggi atau sebaliknya. Dengan kepopulerannya, bagi Anda yang ingin menggunakan Pro Tools wajib menggunakan hardware (soundcard) yang mendukung Pro Tools. Bisa dari perusahaan yang sama atau dari perusahaan lain yang menyertakan Pro Tools Certified. Pro Tools tersedia dalam versi Windows dan Mac. Saat ini sudah sampai pada Pro Tools 11.

 

05. Steinberg Cubase

System : Mac, Windows

Free Trial | Full Version Steinberg Cubase Pro 9

Software yang sepintas mirip dengan Nuendo yang dikembangkan oleh perusahaan yang sama Steinberg dari Jerman. Perbedaan dari kedua nya terletak pada fitur fitur. Nuendo memiliki hampir semua fitur yang dimiliki oleh Cubase, namun Cubase hanya memiliki sebagian fitur dari Nuendo. Nuendo lebih diarahkan untuk penggunaan post production, bekerja dengan data video, dan surround. Selain itu Nuendo memiliki lebih banyak dukungan terhadap hardware. Kedua software ini berjalan pada platform mac dan windows.