Menghasilkan pekerjaan dari kemampuan bakat diri tentu keinginan bagi setiap orang. Tapi yang sering menjadi masalah adalah ketidaktahuan orang dan kurang memahami mengenai bakat yang dimilikinya sebenarnya dapat menghasilkan pekerjaan dan profit yang menguntungkan.

Melakukan pekerjaan yang disenangi tentu akan membuat pekerjaan berjalan dengan semangat, ketika hati senang apapun yang kita lakukan akan berjalan dengan lancar. Artinya menjalankan sebuah pekerjaan dengan didasari rasa cinta dan kesukaan, maka pekerjaan akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan dan mendatangkan keuntungan berlipat ganda. Bagaimana tidak, karena kamu tetap bisa menjalankan hal yang paling disukai. Terlebih lagi jika kemampuan yang kamu miliki dapat merubah masa depan kamu.

Jadi kami berbicara dengan beberapa pelaku kreatif tentang apa yang harus dilakukan untuk memastikan kamu menonjol dari yang lain, berikut point penting yang dapat kamu ikuti:

01. Lakukan pekerjaan hebat

Kemungkinan besar yang harus kamu lakukan adalah selalu memberikan karya atau portofolio yang luar biasa dan orisinil, agar orang yang melirik karya kamu akan mempercayai kemampuan kamu dan menyerahkan projectnya kepada kamu. Tetapi membuat karya luar biasa, mahir secara teknis, dan handalĀ  akan berhenti ketika kamuĀ  tidak mengupdate kemampuan kamu. Karena itu harus berlanjut, sebelum ada orang baru yang akan menggantikan posisi kamu.

02. Tawarkan dan jual bakat kamu

Coba promosikan yang berhubungan dengan skill kamu namun dengan cara menarik dan harga yang relatif terjangkau. Misalnya, kamu punya keahlian fotografi. Kamu dapat memulai dengan menawarkan kepada teman atau rekan-rekan sekitarmu. Tawarkan jasa pemotretan atau foto dokumentasi untuk berbagai keperluan. Seperti foto pre-wedding, acara pernikahan, acara pesta ulang tahun, acara konser musik, dan lain-lain, yang nantinya dapat menjadi portofolio kamu. Jika mereka menyukai hasil karya kamu, tentu mereka akan merekomendasikan kepada teman-teman mereka lainnya.

03. Adakan event yang berhubungan dengan bakat kamu

Coba buat kegiatan yang berhubungan dengan kemampuan kamu. Misalnya, kamu adalah seorang musisi dan juga memiliki koneksi dengan orang-orang di dunia hiburan. Daripada hanya mengandalkan penghasilan dari karya kamu, lebih baik kamu menangkap peluang sebagai seorang pebisnis.

Kamu bisa membuat event atau acara konser musik berbayar. Orang-orang akan tertarik bekerja sama karena kamu memiliki skill dan latar belakang yang sesuai dengan dunia musik. Nantinya, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari penjualan tiket, sponsorship, dan lain-lain.

04. Be respectful

Saat kamu bertemu orang lain, penting bagi kamu untuk menghargai dan menghormati yang kamu temui. Kamu akan merasa beruntung karena akan memiliki banyak jangkauan relasi ketika mereka menyukai kebiasaan kamu menghormati orang lain. Kita mendapat pemasukan uang dan mendapat kepuasan karena ada orang lain yang mau menggunakan hasil karya kita. Sama halnya saat orang lain juga merasa diuntungkan dengan keberadaan kita karena mereka bisa mendapatkan apa yang mereka perlukan dari kita dari rasa hormat tersebut.