Antik dan bersejarah, maupun megah dan modern menjadi bangunan yang menunjukkan budaya arsitektur kantor dari berbagai negara.

Namun siapa sangka mengusir rasa bosan, menemukan semua hal yang aneh-aneh malah menjadikan tren bangunan perkantoran bagi raksasa teknologi di Silicon Valley.

Setidaknya, itulah yang kini tengah diperlihatkan perusahaan-perusahaan raksasa seperti Facebook, Apple, Google, dan Amazon. Mereka telah menyiapkan rancangan proyek terbesar dan termutakhir bagi kantor pusat mereka. Berikut adalah bangunan-bangunan yang menjadi trennya kini.

 

1. Kantor baru Google berbentuk mirip tenda raksasa

Photo by : designboom.com

Kanopi itu yang dilapisi panel surya itu bukan sekadar hiasan. Sebagaimana dirangkum BGR, Kamis (9/3/2017), fungsinya konon untuk mengatur suhu bangunan, memeriksa kualitas udara, dan mengontrol suara.

 

2. Pesawat Luar Angkasa, Apple Park

Photo by : 9to5mac.com

Apple Park yang berbentuk cincin itu akan menerima 12.000 karyawan yang dipindahkan dari kampus sebelumnya. Kampus tersebut bakal menjadi markas baru Apple, menggantikan kantor pusat lamanya di Infinite Loop. Proses perpindahan itu sendiri akan memakan waktu enam bulan.

 

3. NASA Sustainability Base

Photo by : archdaily.com

Berlokasi di Ames Research Center, Moffet Federal Airfield di Silicon Valley, gedung milik NASA ini menggunakan pembangkit listrik tenaga matahari sebagai sumber tenaga.

 

4. Amazon memilih bentuk bola untuk kantornya

The proposed Amazon corporate headquarters in Seattle, Washington, is pictured in this artist’s rendering courtesy of NBBJ. NBBJ/Handout via Reuters

Kubah-kubah Amazon itu akan berisi tanaman dan menjadi “biosfer”. Tanaman akan dipilih secara hati-hati agar mampu bertahan hidup menghadapi iklim mikro di daam kubah.

 

5. Facebook Menlo Park

Photo by : ZDNet

Bangunan ini nantinya akan “dimahkotai” dengan pepohonan dan akan terkait dengan gedung utama kantor Facebook dengan terowongan bawah tanah.

 

sumber info: berbagai sumber