OLAHRAGA atletik nan menantang bakal berlangsung di Kepulauan Riau (Kepri). Dua event internasional yakni Bintan Reebok Spartan dan Moon Run (lari malam hari) 2016 siap digelar bagi peserta yang berani menguji nyali.

Sekjen Kemenpar, Ukus Kuswara mengatakan ajang olahraga aral rintangan internasional akan berlangsung di Lagoi Bay, Pulau Bintan pada 19-20 November 2016 mendatang. Sedangkan Moon Run sepanjang 10 km diselenggarakan di pinggiran danau Lagoi pada 2 Desember mendatang.

“Ajang ini sebagai rangkaian dari dua pertandingan Reebok Spartan yang sebelumnya sukses dilaksanakan di Singapura. Yang ikut sekitar 5.000 peserta berasal dari Indonesia, Malaysia dan Singapura. Laga Spartan memiliki balapan di tiga kelas yaitu sprint, super dan beast. Sementara Moon Run kategori 10K ini cocok untuk para atlet dari berbagai level,” katanya di Jakarta, Kamis (13/10).

VP of Business & Operations Mediacorp, Lesley Ngai Ma Yin mengatakan, kategori Spartan Beast yang memiliki rute panjang dan pertama kali dilakukan dalam Seri Singapura. Peserta yang telah mengikuti seri Spartan Sprint dan Spartan Super akan memiliki kesempatan untuk memasuki Seri Spartan Singapore Trifecta.

Spartan Beast tidak hanya menjadi tes ketahanan, kesabaran dan keberanian, namun juga keuletan. Para peserta harus menempuh rute 21 km dan dipenuhi dengan 35 macam aral rintangan untuk menuju Seri Spartan Singapore Trifecta, sedangkan Spartan Sprint berjarak tempuh 6 Km dengan total 20 jenis aral rintangan.

Bintan Reebok Spartan sebagai seri ketiga ini merupakan Competitive Heat yang tujuannya adalah sebagai nilai saing tantangan bagi peserta Elite dan Open Heats. Peserta Competitive Heats akan bersaing untuk menang dan meraih point menuju tiket masuk pada pertandingan di Spartan World Championship.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, dipilihnya Bintan sebagai tempat event ini makin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia. Diakui pihaknya sudah banyak menggelar event olahraga internasional di Bintan.

Event tersebut dikolaborasikan dengan Soundscape Music Festival. Untuk pertama kalinya kompetisi lari malam hari dikolaborasikan dengan festival musik di Indonesia.

“Event lari dan entertainment dikombinasi. Harapannya orang datang ke Indonesia tak hanya sport saja, tapi juga menikmati hiburan lain,” ucap GM PT Bintan Resort Cakrawala Group, Abdul Wahab.

Konser musik itu akan menghadirkan Noah, The Angel Percussion dan Don’t Ask Me Why. Soundscape ini tak hanya terbuka untuk peserta Moon Run, tapi juga masyarakat yang tidak ikut lomba. Untuk peserta lari dapat menikmati hiburan ini tanpa dipungut biaya, jadi usai berlari bisa langsung menikmati alunan musik dari grup band ternama.

Penyelenggaraan ajang ini juga merupakan salah satu upaya menarik kunjungan wisman ke Indonesia, terutama dari Singapura saat memasuki musim liburan akhir tahun.

(*Ist/Unclekick.)