“Jouska” Single ke-3 unit power metal asal Malang Colderra, satu track yang bercerita tentang situasi dan kondisi saat seseorang berbicara dengan dirinya sendiri. Suatu hal yang hampir setiap saat orang pasti mengalaminya secara sadar ataupun tidak.

Tahun lalu Colderra melepas single pertama “Cracked” di bulan Juni 2021, lagu tersebut berhasil menembus beberapa chart stasiun Radio metal di beberapa Negara seperti; Malaysia, Polandia, Jerman, Belanda, Swiss, Malta, Meksiko, Kanada dan USA. Single ke-2 “Holy Fire” dilepas pada Oktober 2021 dan ulasannya juga sampai ke beberapa media Mancanegara diantaranya; Jerman, Kanada, Brasil, Italia, Inggris, Austria, Jepang dan juga Spanyol.

Single “Jouska” sejatinya akan dirilis Januari tahun ini, namun harus molor sampai di bulan April. Menurut mereka hal itu karena disaat kondisi pandemi mulai berangsur membaik, kondisi sebaliknya justru menimpa setiap personel Colderra. Ketiganya harus menghadapi lika-liku kehidupan masing-masing yang mendadak dihantam dengan keras dari berbagai sisi.

“Jouska” jika dibandingkan 2 single sebelumnya menjadi yang paling bernuansa gelap secara aransemen, ujar Iboer sang gitaris yang meng’compose secara keseluruhan. “Jadi semakin ‘dark’ lagi setelah lirik yang dibikin Iwan dieksekusikan ke lagunya” lanjutnya. Dia juga menyampaikan beberapa part di single ini terinspirasi oleh gaya permainan dari Michael Romeo, gitaris band progressive metal asal Amerika; Symphony X.

Disektor lirik Iwan menjabarkan; “Saya sebenarnya tidak punya konsep lirik untuk lagu ini saat Iboer nunjukin aransemen awalnya, tapi kok ya pas banget saat proses penggarapannya mendadak kami semua tertimpa musibah dibanyak hal. Dalam kondisi itu saya menjadi kalut dan dalam hati jadi gak tenang, akhirnya otak sama jiwa jadi gak’ sinkron. Seakan-akan saya menjadi banyak pribadi yang saling bertentangan, tentunya hal itu terjadi hanya dalam diri saya sendiri tanpa ada orang lain yang tau.”

Colderra yang masih diperkuat oleh Iwan Ruby Sasmita (Vokal), Robby Achmad a.k.a Iboer (Gitar), Yasa Wijaya (Drum & Program) menyampaikan setelah “Jouska” akan ada satu single lagi yang akan dirilis. Setelah itu sebelum album penuhnya dilepas, terlebih dahulu akan dirilis EP / Mini Album yang berisikan single-single sebelumnya dan juga ketambahan satu lagu ‘cover’ serta bonus track yang masih dirahasiakan lagu siapa yang akan dicover dan lagu bertema apa bonus tracknya.

Single “Jouska” per tanggal 27 April 2022 resmi dirilis dan bisa disaksikan video liriknya di kanal YouTube Colderra. “Jouska” dan semua karya serta berbagai update dari mereka bisa diakses di www.colderra.com official website Colderra. Lalu, apa yang yang saat ini kalian bicarakan dengan diri kalian sendiri?