Pabrik limbah berfungsi ganda menjadi sumber energi bernama CopenHill di Copenhagen – Denmark ini menampilkan serangkaian rancangan yang tidak biasa – selain lereng ski buatan dan jalur hiking di atapnya, juga memiliki dinding panjat di bagian depannya.

Pembangkit listrik BIG’s CopenHill, yang dijuluki sebagai “pembangkit listrik limbah-ke-energi terbersih di dunia”, telah membuka lereng ski di puncak gedungnya untuk umum pada bulan Oktober lalu.

Mungkin tidak terlihat seperti salju, tetapi bentangan Rumput sintetis “neveplast” yang hijau cukup licin untuk bermain ski dan snowboard dengan lereng paling curam di dunia dari jenisnya.

Pembangkit listrik seluas 4,4 juta kaki persegi, yang juga dikenal sebagai Amager Resource Center (ARC), dibuka pada tahun 2017 dan telah mengubah sampah yang tidak dapat didaur ulang menjadi energi sejak saat itu.

Dari proses pembakaran limbah, pabrik ini telah menghasilkan energi panas dan listrik yang cukup untuk menampung 150.000 rumah di daerah tersebut, dan melepaskan lebih sedikit karbon dioksida ke atmosfer dibandingkan jika membakar bahan bakar fosil. (Pabrik ini mampu mengubah 440.000 ton limbah menjadi energi bersih setiap tahunnya.)

Selain lereng ski, ada 500 meter jalur pendakian di puncak gedung dengan dedaunan asli dan wall climbing tertinggi di dunia ( 85 meter) pada bagian depannya. Selain itu terdapat Bar di puncak gedung dan juga area kebugaran.


project info:

name: copenhill / amager bakke
location: copenhagen, denmark
collaborators: detailed design: SLA, lüchinger+meyer, MOE, rambøll, jesper kongshaug, and BIG ideas; photography: hufton + crow