Selai kacang dan agar agar. Batman dan Robin. Telur dan burger. kamu mungkin pernah mendengar tentang pasangan terkenal ini kan, tapi bagi dunia pemasaran, ada satu pasangan yang saling terkait: konten dan pemasaran.

Sudah jelas hampir 99% perusahaan pemasaran menggunakan konten pemasaran sebagai bagian dari strategi mereka. Namun, itu tidak berarti semua konten yang mereka buat mendapatkan hasil yang terbaik.

Tapi apa sih yang harus dibutuhkan untuk menjadi pembuat konten yang bagus? Bagaimana saya menjadi salahsatunya? Oke, izinkan kami memberi tahu kamu sebuah rahasia: Semuanya dimulai dengan apa yang kamu lakukan sebelum meletakkan jari ke keyboard.

Sebelumnya, apakah kamu bekerja sebagai tim konten di perusahaan sekarang atau kamu hanya single creator?, ada beberapa kebiasaan mencoba dan benar yang dapat kamu adopsi yang akan menempatkan kamu pada jalur untuk menjadi pencipta konten yang benar-benar sukses.

Peringatan! Seperti semua hal yang baik, itu tidak akan terjadi dalam semalam. Dipastikan tidak mungkin, karena kamu akan berupaya untuk menjadi seorang ahli melalui prosesnya,tidak cukup hanya melakukannya saja. Tapi semakin cepat kamua mulai menjalankan lima kebiasaan ini ke dalam rutinitas kamu, semakin cepat kamu berhasil menuju Kreator Konten berkualitas.

Kebiasaan Pencipta Konten yang Berhasil

1) Selalu Update dengan Berita Harian cetak atau online

Membuat konten hebat yang benar-benar bermanfaat dengan audiens target, mengharuskan kamu untuk mengetahui apa yang sedang terjadi sekitarmu. Pembuat konten-konten terbaik, tidak hanya membaca, tapi juga berani menelusuri berita terkait agar memperkuat informasi yang sedang diperbincangkan. Ini dilakukan agar membuat kamu memahami dengan baik konteks di balik apa yang terjadi. Secara historis dan bagaimana hal itu membentuk pola pikir target pemirsa mereka saat ini.

Biasakan membaca dengan meletakkan semua yang kamu baca di satu tempat.Kamu dapat menyiapkan ke dalam sebuah catatan dan menganalisa secara relevan.

Kamu juga dapat menanyakan beberapa kepada rekan kerja apa yang mereka baca akhir-akhir ini dan ikuti. Lakukan diskusi agar menggali informasi semakin menarik. Hindari argumen, agar kamu benar-benar dapat menyerap informasi darinya.

 

2) Tulis dengan berkelanjutan

Jika kamu tidak melakukannya, kamu akan menghilangkannya. Pencipta konten yang sukses memahami pentingnya terus melenturkan otot tulisan mereka. Hal itu dilakukan agar membantu kamu bekerja melalui gagasan yang mungkin telah bercampur aduk di kepala kamu, dan mengidentifikasi hasil yang bisa menjadi ide yang baru kamu sadari. Karena pencipta konten yang sukses mungkin tidak selalu terinspirasi untuk menulis, tapi mereka tahu sesuatu yang penting bisa berasal dari catatan mereka.

Biasakan menulis dengan melakukan itu setiap hari atau setiap minggu. Kamu tidak perlu menulis esai hingga 1500 kata yang dirangkum dari topik berita tadi setiap harinya. Sisihkan waktu 10 atau 15 menit untuk mencatat beberapa pemikiran dan gagasan yang muncul di kepala kamu. Setelah kamu dapat rangkumannya, coba kamu tanyakan kepada orang-orang disekitar kamu, apakah analisa kamu sama halnya dengan orang yang kamu tanyakan tersebut.

 

3) Saatnya memikirkan konten yang masuk akal

Siapa pun di internet bisa mengambil konten orang lain dan mengikutinya, dan bahkan terus berlanjut. Tapi pencipta konten yang sukses tidak mengambil karya oranglain agar mendapatkan hal yang serupa seperti mendapatkan penggemar dan pengikutnya.

“Kamu juga harus memposisikan diri kamu sebagai seorang ahlinya dan benar-benar berinteraksi dengan sekitar kamu,” kata Guy Kawasaki, penulis terlaris New York Times.

Nah, setelah kamu telah membaca dan menjelajahi internet secara teratur untuk berita-berita harian yang telah kamu analisa sebelumnya, sekarang kamu memiliki pengetahuan yang lebih luas daripada yang kamu pikirkan. Kamu akan penuh percaya diri untuk membuat satu konten yang dibutuhkan calon target kamu..

 

4) Perbanyak link (Jaringan) di Setiap Kesempatan

Pencipta konten berhasil karena tidak hanya dari dasar pemikiran mereka saja, tetapi bagi mereka setiap tanggapan, setiap pendapat, dan setiap problematika yang terjadi malah mendorong mereka untuk berpikir dengan cara yang berbeda.

Inilah salah satu cara pencipta konten tumbuh menjadi pembuat konten yang sukses. Mereka telah menerima kenyataan bahwa ada lebih banyak hal untuk dipelajari daripada apa yang sudah mereka ketahui, dan mereka terbuka terhadap cara berpikir baru. Nah, inilah saatnya untuk mendengarkan gagasan orang lain dan mempertimbangkannya bersama dengan orang lain.

Buatlah dengan cara yang mudah lakukan dengan sesama rekan kerja. Kamu akan memiliki kesamaan, jadi mengobrol di dapur atau di meja kerja kamu akan tidak terlalu menakutkan. Setelah itu lanjutkan tahapan diskusi tersebut ke jaringan kamu berikutnya.

 

5) Question Everything

Bagi pencipta konten, kamu telah belajar untuk menjadi penasaran dengan  informasi dari oranglain. Inilah wawasan yang datang dari rasa keingintahuan kamu yang akan membuat konten hebat. Kamu akan mulai berpikir lebih kritis tentang konten yang kamu buat.

Ketahuilah bahwa menjadi pencipta konten yang sukses dimulai dengan kebiasaan yang kamu bentuk, karena nantinya akan membuat kamu mampu menghasilkan beberapa konten yang sangat berharga bagi audiens target kamu.

 

Source: Maggie Butler
Marketing Ops and Enablement at Hubspot