Badan Olahraga Otomotif Dunia atau FIM dan penyelenggara MotoGP, memastikan bahwa ajang balapan motor tertinggi MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit bulan Maret mendatang tetap berlangsung sesuai jadwal.

Sebab, muncul banyak spekulasi bahwa Pertamina Grand Prix of Indonesia bakal ditunda karena banyaknya keluhan dari sejumlah pembalap terkait kondisi aspal di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

“FIM dan Dorna berterima kasih kepada ITDC atas dukungan yang luar biasa dan respon yang begitu cepat. Semua pihak perlu diyakinkan bahwa Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 akan berjalan di tempat dan tanggal sesuai jadwal semula,” tulis FIM dan Dorna lewat sebuah rilis, Rabu (16/2).

“MotoGP juga sangat ingin kembali ke Lombok,” lanjut FIM dan Dorna.

Berdasarkan hasil pemeriksaan FIM, ada dua masalah utama yaitu soal kebersihan trek dan serpihan material yang bisa membahayakan pembalap.

Oleh sebab itu, ITDC diminta untuk melakukan pengaspalan ulang antara tikungan ke-5 dan tikungan ke-17. FIM dan Dorna pun meminta perbaikan harus selesai paling lambat tujuh hari sebelum Pertamina Grand Prix of Indonesia dimulai.

“ITDC sebagai pemilik sirkuit sudah sepakat dengan penilaian dan permintaan FIM, bukti dukungan besar dan komitmen mereka yang tinggi untuk olahraga ini,” ujar tim FIM dan Dorna.

“Semua pihak bertindak cepat dan pekerjaan melakukan perbaikan sudah berjalan, termasuk mengaspal kembali sebagian trek,” tegas FIM dan Dorna.