Rangkaian acara Jogja Biker Rendezvous 2022 selesai digelar 18 September yang lalu di Yogyakarta tepatnya di Jogja Expo Center dan Pantai Depok Bantul. Ada sosok yang cukup menarik perhatian di antara 1500 bikers dari seluruh Indonesia yang hadir di acara tersebut. Sosok tersebut adalah Ahmad Faisal Reza atau yang lebih akrab disapa Aa Reza, seorang ustadz yang juga seorang pengendara (biker) Harley Davidson.

Hal yang cukup menarik perhatian adalah di acara tersebut Aa Reza berpenampilan dengan celana berbahan jeans, rompi dan kacamata hitam layaknya seorang biker Harley Davidson pada umumnya namun terlihat pula dilengkapi dengan sorban di kepalanya. Hal inilah yang kemudian menjadi ciri khas dari seorang Aa Reza, ustadz biker.

Sosok Ahmad Faisal Reza atau akrab disapa Aa Reza, seorang ustadz yang juga seorang biker Harley Davidson.

Aa Reza didapuk sebagai pemimpin doa yang membuka acara pamungkas perhelatan akbar yang juga merupakan peringatan ke-100 tahun Harley Davidson tersebut. Dalam pengantar doanya Aa Reza menyampaikan harapannya agar semua acara yang diadakan komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) dapat menebarkan banyak kebaikan, kedamaian, dan kesejahteraan bagi lingkungan sekitar, serta agar HDCI dapat menjadi contoh komunitas terbaik bagi komunitas bikers lainnya. Selain itu, Aa Reza juga mendoakan agar HDCI yang saat ini berada di bawah kepengurusan Ketua Umum Irjen Polisi Teddy Minahasa semakin jaya dan semakin baik.

Di hadapan Wakil Gubernur DI Yogyakarta Paku Alam X, ribuan bikers serta masyarakat umum yang hadir di acara tersebut, Aa Reza juga menghimbau agar bikers dapat lebih menunjukkan kepeduliannya terhadap kondisi lingkungan dan membawa lebih banyak manfaat bagi masyarakat sekitar. Hal ini diperlukan agar kehadiran bikers tidak hanya diterima oleh masyarakat tapi juga justru diharapkan. Seperti telah menjadi pengetahuan umum, kesan yang melekat pada bikers tidak selalu positif seperti arogan atau ugal-ugalan. Terlebih dengan penampilan khas bikers yang seringkali mudah menimbulkan salah persepsi di masyarakat awam.

Aa Reza adalah salah satu sosok ustadz yang aktif menyerukan kepedulian dan berbuat baik terhadap sesama. Hal ini dapat dilihat dalam berbagai isi dakwah yang disampaikan olehnya. Saat ditemui di acara tahunan komunitas biker Harley Davidson tersebut, Aa Reza mengungkapkan bahwa saat ini kesibukannya adalah dakwah on air dan off air serta syuting konten dakwah online. “Saya juga siapkan konten dakwah online dalam bentuk podcast dan web series yang tayang di YouTube. Tujuannya tentu agar ilmu yang disampaikan lebih mudah diakses dan dapat menjangkau lebih banyak masyarakat,” katanya.

Kanal YouTube AA REZA CHANNEL yang dibuat sejak tahun 2020 ini berisi konten dakwah yang dikemas secara berbeda dan menarik. Dalam berbagai video podcast-nya, Aa Reza berbincang dengan banyak publik figur seperti Umay Lubis, Jenderal (Purn) Nanan Sukarna, Candil, Mustafa Debu, Marcel Darwin, Rifky Balweel, Dipo Latief hingga Umi Pipik. “Harapannya konten dakwah online ini akan sampai ke lebih banyak orang dan membawa perubahan baik bagi penontonnya” tutup Aa Reza.