Jakarta, 31 Januari 2024 – Pop Hari Ini dan Earhouse menggelar diskusi bertajuk “Promosi Musik di Media Massa” pada Senin, 29 Januari 2024 di EARHOUSE, Pamulang. Diskusi ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Aldila Karina (Pendiri Creathink Publicist) dan Shindu Alpito (Jurnalis Medcom.id).

Acara dimulai pukul 20.30 WIB dengan kata sambutan dari Endah Widiastuti selaku pemilik Earhouse. Dalam sambutannya, Endah mengatakan bahwa diskusi ini penting untuk para musisi dan pelaku industri musik lainnya.

“Ini menjadi penting, sebuah pengetahuan mengenai tema yang dibawa sama teman-teman BISING KOTA untuk jadi bekal ketika kita merasa sudah memantapkan diri menjadi musisi,” kata Endah.

WhatsApp-Image-2024-01-31-at-10.21.55

Endah Widiastuti, musisi & owner @earhouse

Pada sesi pertama, Shindu Alpito membahas tentang siaran pers yang dilirik oleh media. Menurut Shindu, ada dua faktor utama yang menjadi pertimbangan media untuk mengangkat berita musik, yaitu artis dan angle berita.

“Pertama, siapa artisnya. Mungkin news value-nya kurang, tapi karena artisnya besar tetap dimakan. Ada yang belum terlalu besar, tapi punya angle berita menarik, bisa kami jadikan konten di media,” ujar Shindu.

WhatsApp-Image-2024-01-31-at-10.20.39

Shindu Alpito

Pada sesi kedua, Aldila Karina membahas tentang peran publisis dalam mempromosikan musik di media massa. Aldila mengatakan bahwa publisis berperan sebagai jembatan antara musisi dan media.

“Klien utama publisis adalah musisi. Sementara media adalah rekan publisis. Perlu memberikan pemahaman kepada klien, supaya teman-teman musisi juga tahu bahwa media tuh klasemennya banyak, sehingga bisa menjadi bahan evaluasi buat mereka juga,” kata Aldila.

Diskusi ini diikuti oleh berbagai pihak, mulai dari musisi, rekan media, publisis, hingga manajer musisi. Para peserta terlihat antusias mengikuti diskusi ini dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada para narasumber.

Berikut adalah beberapa poin penting yang disampaikan oleh narasumber dalam diskusi ini:

  • Siaran pers yang menarik perhatian media harus memiliki artis yang populer atau memiliki angle berita yang menarik.
  • Publisis berperan sebagai jembatan antara musisi dan media.
  • Musisi perlu memahami klasifikasi media massa agar dapat menyesuaikan strategi promosinya.

Diskusi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik bagi para musisi dan pelaku industri musik lainnya tentang pentingnya promosi musik di media massa. (fh)