Aplikasi Instagram saat ini sudah digunakan banyak sekali orang dimana-mana, dahulu Instagram hanya digunakan untuk berbagi foto serta video, namun saat ini pihak Instagram memberi kesempatan bagi orang-orang kreatif untuk mengeluarkan semua karya mereka di Instagram dalam bentuk Efek atau yang sering disebut filter Instagram, saat ini banyak sekali orang bahkan artis yang sering menggunakan filter Instagram dimana mana, filter buatan Fahreza Okasahisnu atau yang sering disebut Fahrezaos ini sudah cukup sering viral terutama filter gamenya yaitu “Which Mixed-Raced” dan “Sebutkan!”.

Fahreza Okasahisnu, pria kelahiran Magelang ini membuat filter di Instagram awalnya hanya iseng, karena waktu liburan kuliah yang sangat senggang, dan ia ingin berbagi filter buatannya sendiri ke teman-temannya, sampai saat ini filter di Instagramnya mencapai 82 filter dengan berbagai macam jenisnya seperti game, warna, typography, dan sebagainya.

“Sebenarnya saya cuman iseng, tapi tidak tahu kenapa saya kelewatan membuat filter hingga 82, saya sempat kaget karena tiba-tiba viral dan banyak yang follow saya sampai saat ini,” Kata Fahreza pada 16 Februari 2020.

Saat ini pengikut instagram Fahreza Okasahisnu atau dengan username @fahrezaos mencapai 76 ribu pengikut, dan terus bertambah setiap harinya.

“Saya tidak menyangka sampai sebanyak ini, bahkan banyak brand besar yang menawari saya untuk kerja sama untuk pembuatan filter maupun endorse untuk produk-produk mereka,” tuturnya lagi.

1. Kebanjiran Follower dan Orderan Filter

Sejak filternya viral digunakan oleh banyak sekali orang di Indonesia maupun luar negeri, followers Instagram terus menambah dan banyak orderan pembuatan filter dari brand-brand besar, bahkan sampai beberapa artis dan selebgram yaitu Arief Muhammad, Harbatah, AA Utap, Edhozell yang follow dia dan banyak sekali artis dalam maupun luar negeri yang menggunakan filternya hingga viral kemana-mana.

“Awalnya nggak nyangka banyak yang follow, apalagi beberapa selebgram follow saya, dan banyak juga yang menawarkan kerja sama,”Ungkapnya.

2. Belajar Secara Otodidak

Berawal dari hobi membuat sesuatu dalam bidang desain dan edit gambar, ia memulai mencoba sesuatu yang baru lagi yaitu membuat filter Instagram.

“Awalnya saya nggak tau sekali tentang filter Instagram, saya coba-coba buat emang awalnya sulit banget, karena tutorial di internet pada saat itu sangat minim, dan harus membuat se kreatif mungkin dengan otodidak, hanya beberapa tutorial basic saja yang ada,” katanya.

Dalam membuat filter, awalnya ia sangat kesulitan dan harus mencoba-coba sendiri, tapi lama kelamaan seiring berjalannya waktu semakin terasa mudah, hingga ia membuat banyak sekali filter di Instagram.

3. Pernah Jadi Developer Game

Sebelum membuat filter Instagram, Fahreza sempat menjadi developer dan pemilik salah satu server game dari GTA 5 Roleplay yang sempat ramai juga pada masanya, server game dia sempat masuk top 3 se-Indonesia pada tahun lalu.

“Saya sempat menjadi pemilik server game GTA 5 waktu itu, dan mendapatkan penghasilan yang lumayan, namun seiring waktu orang bosan bermain game tersebut, dan akhirnya server menjadi sepi dan saya coba cari sampingan lain,” katanya.

Fahreza hanya mengandalkan coding basic dalam pembuatan servernya, karena jurusan kuliah yang ia tempuh di UPN “Veteran” Yogyakarta tidak sejalan dengan apa yang ia lakukan saat ini, yaitu jurusan Ekonomi Pembangunan.

“Saya membuat server juga belajar otodidak, awalnya ngga ngerti sama sekali mengenai coding, tapi saya banyak baca di internet untuk membuat server tersebut, dan akhirnya jadi kemudian malah banyak yang main.

4. Harapan Fahreza Kedepannya

Untuk harapan kedepannya Fahreza ingin menjadi semakin besar dengan karyanya, termasuk Youtube yang kembali jalan dan bisa mendapatkan penghasilan sendiri saat kuliah.

“Saya pengen banget punya penghasilan sendiri saat kuliah, bisa bayar uang kuliah sendiri, meringankan beban orang tua, Youtube juga jalan kembali, dan punya bisnis tambahan, rencananya saya juga pengen buat lagu bareng teman saya, semoga semuanya terkabulkan,” ungkapnya