Seorang siswa bernama Gutu membawa beberapa kue yang sudah tersusun rapi dalam sebuah kemasan kotak. Tak tampak ragu, ia berjalan memeluk jualannya ke Sekolah tanpa canggung untuk menjajakan kue kepada teman-teman sekelasnya. Malu? tidak. Hal itu ia lakukan agar dapat membantu Ibu-nya berjualan untuk menghidupi keseharian mereka.

Sebelum sampai ke kelas, tiba-tiba seorang teman kelasnya Iwan yang terlahir dengan latar belakang anak kaya mendorong Gutu tanpa sebab. Kotak kue yang akan dijajakan jatuh tak bernilai apa-apa lagi. Belum jelas apa sebab Iwan melakukan hal itu, namun telah menghubungkan gambaran satu adegan tersebut ke adegan lainnya dari film pendek berjudul “Kepribadian“.

Begitulah film Dart Production salah satu karya menarik dari siswa SMKN 10 Medan. Dari pembuka hingga akhir, memunculkan adegan sosok seorang Siswa yang dapat menjadi contoh bagaimana cara mengubah teman yang terjerat permasalahan, jadi begitu jelas dalam film ini. Iwan yang dimanjakan dengan ini-itu akan tetapi kurang mendapatkan perhatian keluarganya, memilih jalan untuk hura-hura dengan Narkoba. Walau informasi cerita disampaikan secara sedikit, namun sangat begitu jelas apa yang Gutu lakukan kepada Iwan dengan adegan akhir mampu merangkul Iwan kepada harapan masa depannya.

Kepribadian pada dasarnya adalah sebuah analogi tentang sebuah produksi film sederhana. Namun hal itu menjadikan film pendek ini semakin menarik saat Gutu dihadapkan kepada pengambilan gambar menenteng jualannya menawarkan kue di Traffic Lights (lampu lalu lintas), begitu jelas tanpa mengatur pemilik kenderaan dengan kue yang ia akan tawarkan, ┬áistilahnya pemeran Gutu dengan berani menjajakan kue kepada pengendara, benar-benar “real” adanya dalam satu in-frame.

Kepribadian memang penuh dengan lapisan-lapisan makna yang dapat menjebak persepsi, namun tetap hadir dalam bentuk film, yang dapat dinikmati dalam video berdurasi 5 menit. Bahkan saat menonton Film Kepribadian ini tidak harus sertamerta dengan cerita tertentu, karena setiap gambar dan suara dalam film ini merupakan upaya untuk menggariskan batas antara realitas film dengan realitas di luar sana.


(Unclekick.)