Dalam video dan artikel ini, Anda dapat mengetahui tekhnik bagaimana cara membumbui hasil foto biasa menjadi luarbiasa menggunakan flash kamera untuk mensimulasikan hasil dari cara unik menggunakan konsep cahaya jendela.

Informasi tutorial ini menggunakan kerangka kerja dari komposisi, exposure cahaya, tambahan cahaya, pose model & kamera, untuk menguraikan langkah-langkah yang harus  diambil menangkap gambar akhir.

 

Langkah 1. Sesuaikan Bidikan Anda

Manfaatkan ruangan tepat di sebelah jendela sehingga nantinya Anda dapat menambahkan flash eksternal dan mensimulasikan fotografi cahaya jendela untuk tujuan menambahkan frame in frame gambar pada potret.

Kemudian, posisikan objek di sebelah kanan bingkai dan cukup jauh dari jendela untuk menciptakan banyak ruang negatif.

 

Langkah 2. Atur Exposure Cahaya

50mm, 1/2000, f/1.2, ISO 200

Setelah menyesuaikaan objek di dalam frame, Anda perlu mengatur exposure cahaya pada kamera Anda. Dalam deskripsi terdapat pengaturan yang telah disesuaikan, namun jika situasi ruangan tidak sesuai dengan pengaturan tersebut, sesuaikan pengaturan pencahayaan Anda untuk memaksimalkan hasil dinamis untuk potret dramatis yang dihasilkan dari flash Eksternal.

 

Langkah 3. Posisikan Flash Eksternal Diluar Jendela

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan, memposisikan flash eksternal di luar jendela. Dan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dalam foto dan pengaturan cahaya, manfaatkan filter lensa untuk meminimalkan over lighting pada hasilnya, agar menambah kehangatan alami pada cahaya yang masuk melalui jendela.

 

Langkah 4. Capture Foto

Before.

After.

Setiap kali kita memotret dengan cahaya yang keras, Anda perlu menempatkan subjek tersebut saat cahaya masuk. Arahkan subjek Anda ke dalam pose yang memungkinkan sorotan dan bayangan untuk menciptakan pola pencahayaan yang ideal.

 

Simak tutorial lengkapnya di video ini.

 

sumber: Petapixel