Setelah dilaksanakannya beberapa perhelatan di 10 kota Indonesia yakni Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Malang, Pontianak, Bali, Makassar, “Gerakan Nasional 1.000 startup Digital” juga turut menyambangi Kota Medan, Sabtu (25/3) kemarin.

Mencanangkan visi menjadikan Indonesia menjadi “The Digital Energy of Asia“, program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital tergagas dengan harapan dapat melahirkan 1.000 startup pada tahun 2020, salahsatunya dengan melibatkan anak muda di Kota Medan.

Memiliki berbagai potensi, Medan menjadi salah satu kota yang juga dapat meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi dengan mendorong peningkatan aspek digital dan teknologi lewat Industri “startup”.

Upaya mewujudkannya, Gerakan Nasional yang digagas oleh Kibar bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), mengharuskan peserta yang hadir untuk mengikuti tahapan Ignition.

Lewat tahapan Ignition, peserta diberikan pembekalan seminar dengan memaparkan kemauan untuk bergerak dalam pembelajaran entrepreneurship dan memunculkan inspirasi membangun startup sebagai pemecahaan masalah dan solusi yang akan dibutuhkan orang banyak.

Dalam Tahapan ini peserta yang mengikuti Ignition di 10 kota akan dipilih 2.000 perserta terbaik yang berhak untuk masuk ke tahap selanjutnya, yakni Workshop, Hackathon, Bootcamp, dan tahapan terakhir inkubasi.

Kegiatan yang dihadiri oleh ratusan anak muda Medan tersebut juga menghadirkan beberapa pembicara, di antaranya Yansen Kamto (Chief Executive, Kibar), Tyovan Ari (CEO Bahaso.com), Andreas Senjaya (CEO iGrow), Leonika Sari (CEO Reblood), Bima Said (Head of Asia Pasific, Middle East, and North Africa, Goal.com), Deddy Avianto (Digital Content Initiator), Kristupha Saragih (Founder, Fotografer.net), Vidi Aldiano (Founder, VA Record & H Gourmet & Vibes), Edy Tan (Strategic Regional Head, GO-JEK Medan), dan Peter Shearer (Co-Founder, AR & CO).

Gerakan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi teman-teman pelaku startup di Medan untuk berkembang dan berinisiatif bersama-sama membangun Indonesia. semangat!

(unclekick.com)