Teka teki silang merupakan salah satu permainan otak yang mampu menguras waktu kosong kita. Teka teki silang bisa dikatakan sebagai salah satu permainan paling populer di dunia. Permainan yang satu ini telah meraih sukses besar dalam mengisi ruangan di berbagai media massa di seluruh dunia. Hingga sebagian penyelenggara pun turut menggelar kegiatan mengenai permainan yang disingkat TTS ini.

Di masa lalu, media cetak merasa kurang lengkap jika belum menyajikan rubrik teka teki silang untuk diisi oleh para pembacanya. Namun tahukah anda fakta menarik yang terdapat dalam permainan kolom kata ini, dan kenapa setiap TTS ini selalu hadir dengan Sampul Wanita? yuk berikut ulasannnya

1. Ini nih, Penemu Teka Teki Silang

Ternyata menurut situs inventor.about.com, permainan yang satu ini ditemukan oleh seorang jurnalis kelahiran Liverpool Inggris, 22 Juni 1871. Jurnalis ini bernama Arthur Wynne yang awal bekerja di koran lokal Pittsburgh Press. Dari Pittsburgh, dia lantas pindah ke Cedar Grove, New Jersey dan mulai bekerja di koran New York World yang berbasis di News York City. Di koran inilah dia menemukan teka teki silang. Mulanya, dia diminta oleh redakturnya untuk membuat game yang bisa menghibur pembaca di akhir pekan.

Mengadopsi permainan kuno bernama Pompeii, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi Magic Square, Arthur menemukan teka teki silang. Untuk pertama kalinya, teka teki silang buatan Arthur ini dipublikasikan oleh koran New York World edisi Ahad, 21 Desember 1913.

2. Game Digital Teka-Teki Silang Pertama

Di tahun 1997 perusahaan game digital Variety Games Inc membuat software komputer pembuat teka teki silang. Di tahun itu pula perangkat lunak tersebut dipatenkan sebagai software program teka teki silang pertama di dunia.

3. Media Teka Teki Silang Terbesar

Dalam rangka Festival Iklan Phinastika 2007, Suara Merdeka bekerjasama dengan PT. Freshblood Indonesia; Pengda PPPI Yogyakarta dan Pengda PPPI Jawa Tengah berpartisipasi mengadakan kegiatan Pembuatan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terbesar dengan ukuran Tinggi 4 meter; lebar 26,70 meter, jumlah pertanyaan 560 pertanyaan (Mendatar 280 dan menurun 281) terdiri dari 2623 kotak.

Namun santer terdengar, masih dipastikan kebenarannya, Teka-teki silang terbesar dan terpanjang di dunia yang pernah diterbitkan memiliki jumlah 2631 pertanyaan mendatar dengan 2922 pertanyaan menurun.

4. Menunda Kepikunan

Berdasarkan penelitian, teka-teki silang dan stimulan mental lainnya bisa menyembunyikan tetapi tidak mencegah laju penyakit Alzheimer, seperti dikutip dari Dailymail. Bukti-bukti menyimpulkan bahwa orang dewasa yang menjaga otak mereka aktif dengan membaca, mendengar radio atau main TTS, dapat menunda masa kepikunan. Tetapi, orang-orang tersebut kemungkinan lebih cepat menurun kinerjanya ketika mulai timbul gejala.

5. Gedung Teka-Teki Silang

Teka-teki Silang dengan tinggi lebih dari 30 meter lebih, mengisi seluruh dinding luar bangunan pemukiman di kota Lvov, Ukraina. Pengunjung didorong untuk mengumpulkan dan menguraikan semua teka teki mereka selama pekan, memberi pengguna jalan kesempatan untuk latihan otak.
Walaupun dengan 19 kotak kesamping dan 34 kotak keatas – terlalu besar untuk diisi oleh tangan, namun untuk mengetahui jawabannya Ketika malam tiba huruf dari jawaban TTS tersebut akan kelihatan, hebat bukan!

6. Alasan Kenapa Sampul TTS Gambar Cewek

Karena Cewek itu penuh dengan teka-teki vroh…

(*/Unclekick.)