Jakarta – Sekolah Politik dan Komunikasi kembali menggelar forum Diskusi Teras. Forum Diskusi Teras yang diadakan untuk membangun kesadaran politik terhadap para kawula muda, kali ini membahas buku karya Daniel Ziblatt dan Steven Levitsky. Buku berjudul How Democracies Die yang juga sempat viral lantaran pak Anies Baswedan sempat mengunggah ketika sedang membaca buku tersebut tempo hari.

Acara diskusi yang dibawakan oleh mas David serta mas Arie Putra , Founder Total Politik, dengan hangat ini semakin ramai dengan adanya kehadiran lebih dari 19 mahasiswa/i dan beberapa penggiat aktif di dunia politik kalangan anak muda. Diskusi Teras ini adalah salah satu wadah diskusi juga bagi para mahasiswa/i Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Budaya  untuk saling bertukar pikiran.

Diskusi yang dilakukan selama hampir dua jam ini menjadi amat menarik, karena diskusi dilakukan dua arah, antara mas Arie dan mas David selaku narasumber, dan juga para peserta diskusi. Kopi Lima Detik, Cikajang menjadi zona yang nyaman untuk acara diskusi sore hari. Atmosfernya yang hangat akan kekeluargaan dan keramahan, serta sejuknya lantai tiga cukup nyaman, apalagi saat diskusi dilangsungkan secara lesehan yang menambah suasana keakraban.

Pengkajian buku How Democracies Die, ini mengupas tentang bagaimana penggunaan kekuasaan dan lembaga demokrasi yang kian menjadi salah kaprah dan justru berbanding terbalik dari satu negara dengan negara yang lainnya. Namun seringkali para petinggi negara memiliki legitimasi demokratis sebagai hasil dari pemilihan, hingga demokrasi yang sesungguhnya pun perlahan lenyap. Sayangnya, hilangnya keseimbangan politik sedikit demi sedikit dapat mengarah pada situasi negara yang represif.

Walaupun hanya diadakan diskusi dua jam, Diskusi Teras yang kajian politiknya mengandung daging ini sangat menyenangkan, seru dan juga menambah wawasan, Pun bagi orang awam di dunia politik, setidaknya ada kepahaman yang dapat disimpulkan dan dipelajari dari diskusi dengan forum Diskusi Teras. Sekolah Politik dan Komunikasi pun dengan senang hati menyambut penggiat atau orang yang tertarik dengan dunia politik untuk menghadiri acara Diskusi Terasi yang diadakan sebulan sekali. Simak informasi lebih detailnya di akun instagrak Sekolah Politik dan Komunikasi, @sekolahpolkom (FAH)