Halo Kickers, hobi main mobil Mini 4WD lagi musim lagi nihhh. Buat yang baru mulai ke hobi Mini 4WD, kali ini singkat saja gue akan tulis penjelasan singkat mengenai klasifikasi Tamiya Mini 4WD, dan menjawab pertanyaan “kit / chassis apa yang cocok untuk…”.

Pembahasan ini terbatas pada Tamiya brand saja ya, sehingga klasifikasi dibawah mengecualikan kelas sloop dan nascar. Oke kita langsung saja, berikut ini penjelasan singkat mengenai klasifikasi dari Mini 4WD:

STB Murni (Stock Class): Merupakan singkatan dari “Standard Tamiya Box” (dikenal juga dengan istilah: STBox, STB Kotakan, Kotakan, Stock Race, TOB (Tamiya Original Box), Murnian, STB Rookie). Kategori ini merupakan kategori untuk pemula yang benar-benar baru di hobi Mini 4WD dan merupakan kategori dimana pemain dapat langsung mengikuti perlombaan (tanpa harus melakukan upgrade pada mobil mini 4wd nya).

CIRI STB MURNI:

  • Mobil rakit langsung dari kit / dus / box nya
  • Tidak ada part / aksesoris tambahan pada bagian mobil
  • Menggunakan part default yang ada pada bawaan kit / dus / box
  • Harus menggunakan motor bawaan kotak yaitu mabuchi FA-130 atau S.M.C motor
  • Dapat diikuti oleh: penghobi mini 4wd baru, anak-anak, dewasa

Beberapa kit favorit yang digunakan untuk kelas STB Murni diantaranya adalah: Shadow Shark , Heat Edge, Avante, atau berdasarkan dari serial animasi bertemakan mobil Mini 4WD seperti Dash! Yonkuro dan Bakusou Kyodai Let’s and Go!! . Dengan chassis favorit adalah: AR, SFM, MA dan Super-II.

batch-upload_b684f10c-bcc6-401c-9d49-6ac7eae8a27b

Lalu ada kelas STCB (Advance Stock Class): Merupakan singkatan dari “Standard Tamiya Cross Box” (dikenal juga dengan istilah: STB Plus, STB+, STB++, Advance Stock Race). Kategori ini merupakan kategori untuk pemula yang ingin tantangan lebih, dan merupakan kategori dimana pemain dapat langsung mengikuti perlombaan dengan melakukan modifikasi minimal pada mobil mini 4wd nya (penambahan part yang dibatasi selama didapatkan dari tipe/jenis chassis yang sama) dan merupakan kelas STB yang masih melibatkan aspek seting / setup. Jadi bisa dibilang kelas ini merupakan kelas berikutnya dari STB Murni dimana ada tambahan part yang diperbolehkan untuk digunakan mengacu pada regulasi terkait.

CIRI STCB:

  • Mobil rakit langsung dari kit / dus / box nya
  • Diperbolehkan menggunakan part tambahan seperti roller naga (double roller plastic)
  • Part default bawaan kit / dus / box nya boleh saling tukar dengan part dari kit lain
  • Diperbolehkan menggunakan type motor “Tuned Series” seperti torque tuned, atomic tuned, rev tuned, baik single ataupun double shaft.
  • Dapat diikuti oleh: penghobi mini 4wd yang mau naik kelas dan sedikit lebih menantang, serta anak-anak dengan pendampingan orang dewasa, dan orang dewasa.

12e489119b696795265dfe803c2955aa

Ciri yang paling tampak seperti disebutkan diatas untuk mobil kelas STCB adalah menggunakan roller naga (roller berukuran 13-12mm), prinsip penggunaan roller naga ini ditujukan agar mobil lebih stabil pada saat melaju di lintasan, disamping itu dikarenakan regulasi dari kelas ini memperbolehkan menggunakan mesin tuned series, maka untuk mengakomodir spesifikasi mesin-mesin seri tuned tersebut menggunakan roller naga.

Yang ini lebih menarik karena cukup digandrungi dan menyehatkan yaitu kelas Street Mini 4WD. Merupakan kelas dimana perlombaan mini 4wd dilakukan di lapangan terbuka dengan spesifikasi lintasan yang beragam, antara lain; perlombaan pada lantai yang rata, off road, dan indoor. Perlombaan pada kelas ini menggunakan alat bantu berupa Guide Stick atau stik pemandu yang digunakan untuk mengarahkan arah laju mobil di track.

Berikut spesifikasi Guide Stick untuk permainan Street Mini 4WD:

unnamed-1

Sekilas mengenai Street Mini 4WD, awalnya kelas Mini 4WD ini populer di Italy dan setelah bertahun-tahun mereka melakukan aktifitas dan lain-lain di Italy akhirnya perkembangan Street Mini 4WD hingga ke Negara lain, salah satunya Indonesia, dan kebetulan beberapa waktu lalu saya mendapat kehormatan untuk menjadi perwakilan yang ditunjuk oleh Street Mini 4WD Italy sebagai pelopor untuk Street Mini 4WD Indonesia.

street-mini

Gambar diatas adalah contoh mobil untuk kelas Street Mini 4WD dengan ciri khas penggunaan ban yang lebih soft agar bisa melaju lebih lancar di track yang rata. Penggunaan ban model gerigi atau ban duri bisa digunakan untuk track off-road yang sedikit penuh bebatuan dan berpasir.

Kira-kira itu pengenalan klasifikasi kelas untuk main mobil Mini 4WD, kalian tertarik bermain di kelas mana nih??