Menurut Wikipedia, Musisi adalah orang yang memainkan alat musik atau orang yang menyanyi. Namun bagaimana jadinya Ketika ada musisi yang tak hanya dapat bernyanyi dengan baik, memainkan alat musik, tapi juga memiliki perbenadaharaan kata yang luar biasa. Dalam dunia musik, Lirik merupakan salah satu unsur pembentuk sebuah lagu. Bahkan tak jarang pula dari lirik, sebuah melodi apik dapat tercipta. Ketika terdapat orang yang hebat dalam hal hal diatas, Ryan Tedder merupakan salah satu orangnya.

Ryan Benjamin Tedder ( Nama lengkap Ryan Tedder ) merupakan salah satu penulis lagu tersukses di kancah musik Amerika Serikat bahkan di Dunia. Sudah lebih dari 10 Tahun Ryan menulis serta menciptakan lagu lagu hits di dunia. Pada tahun 2013, Billboard Magazine menganugerahkan Ryan Tedder gelar “Songwriter Of The Year”. Bahkan 2019 silam, Pria berumur 41 tahun ini dianugerahi penghargaan “Songwriter Icon Award” dari The National Music Publishers Association (NMPA). Selain itu, pada tahun 2019 pula, Ryan Tedder menjadi juri dalam kompetisi penulisan lagu bernama SONGLAND yang tayang premier di channel NBC Bersama dengan 2 penulis lagu hit dunia lainnya yaitu Ester Dean dan Shane McAnally.

Mungkin semua orang mengetahui Ryan Tedder sebagai frontman dari Band pop asal Amerika OneRepublic, tapi tidak semua orang mengetahui bahwa as a songwirter, karir musik Ryan Tedder hampir sama cemerlangnya dengan karir nya Bersama OneRepublic. Cukup banyak lagu hits di dunia yang ditulis oleh Ryan Tedder. Apa saja diantaranya? Check This Out!

  1. Beyonce – Halo

Ryan Tedder merupakan salah satu penulis dari Lagu dengan segudang prestasi dan penghargaan yang dirilis pada tahun 2008 ini. hingga saat ini, video klip resmi lagu ini sudah di tonton sebanyak 1,1 miliar kali di Youtube. Lagu ini pula merupakan salah satu pijakan Awal melejitnya Ryan Tedder di dunia Songwriting.

  1. Maroon 5 – Love Somebody

Di Tahun 2012, Maroon 5 merilis album dengan segudang hits berjudul ‘Overexposed’. Banyak lagu andalan Maroon 5 yang menjadi hits dari album ini seperti Payphone dan Move Like Jagger termasuk Love Somebody. Ryan Tedder sendiri merupakan salah satu Produser serta Penulis dari lagu ini. selain sebagai produser dan penulis dari Love Somebody, di album ini Ryan Tedder juga merupakan Produser dan Penulis dari lagu Lucky Strike.

  1. Ellie Goulding – Burn

Di tahun 2013, Ellie Goulding merilis mega hits berjudul Burn yang video klip resmi nya hingga kini sudah di tonton hampir 1,5 miliar kali di Youtube. Ryan Tedder merupakan salah satu Penulis dari lagu ini.

  1. Maroon 5 – Maps

Lagi lagi Maroon 5, di tahun 2014 Ryan Tedder merupakan salah satu penulis dan Produser dari hits sekaligus lagu pembuka album studio ke lima Maroon 5 berjudul “V” yang satu ini.

  1. Ed Sheeran – Happier

Siapa yang tidak tahu hits satu ini. Salah satu anthem of Broken Hearted di tahun 2018 ini merupakan salah satu hits yang di tulis oleh Ryan Tedder Bersama dengan Ed Sheeran.

6. Jonas Brothers – Sucker

Tidak banyak orang yang tahu bahwa salah satu orang dibalik comeback nya Jonas Brothers ke Industri musik ialah Ryan Tedder. Selain sebagai Produser dan Penulis dari hits Jonas Brothers di tahun 2019 yaitu Sucker, Ryan Tedder juga merupakan Executive Producer daripada album comeback Jonas Brothers yang berjudul “Happiness Begins”. Pada album yang sama, Ryan juga menjadi Produser serta Penulis hits Jonas brothers Cool

Di era digital, Memang perlu sedikit ‘Effort lebih’ bagi para penikmat musik dalam hal ‘mengulik’ lebih dalam  tentang musik yang disuka.

SHOW-CREDITS

Fitur Show Credits di Spotify yang posisinya ada di atas fitur Report Abuse

Seperti contohnya fitur Show Credits di Aplikasi Spotify yang tidak terpampang langsung di tampilan antar muka lagu yang diputar, yang mana para streamer harus meng-klik Option terlebih dahulu dan show credits berada di opsi 2 terbawah diatas Report Abuse. Dari posisi opsi nya saja sudah terlihat bahwa fitur Show Credits ini bukan fitur yang menjadi prioritas bagi user aplikasi Streaming Musik nomor 1 di dunia ini.

“Ryan Tedder bukan satu satunya musisi yang lebih dari sekedar musisi dalam hal ini. Banyak musisi yang terkenal dan tersorot soal karya di depan layarnya. Namun tak jarang pula ada sejumlah musisi yang justru lebih terkenal dari karya di belakang layarnya. Mungkin kejeniusan Ryan Tedder dalam hal penulisan lagu tidak terlalu penting di mata orang yang selalu membawa sorotan. Tapi bagaimana hal tersebut di mata para musisi yang disorot?”