Judul macam apa ini? Dimana letak magisnya sebuah lagu? mungkin sebagian dari kita akan beranggapan lagu adalah teman yang menemani saja, dikala bosan, macet-macetan yaaaa, paling tidak agar ruangan tidak terlihat sepi.

Namun, tidak bagi saya. Mungkin anda juga memiliki pemikiran yang sama seperti saya, segelintir memang, yang mempercayai kekuatan sebuah lagu. Seperti saya sekarang ini, menulis sembari menikmati tembang-tembang dari Bon Iver. Menurut saya ini magis, entah mengapa setiap mendengarkan lagu Bon Iver, seakan saya berada dikejauhan kota, layaknya seperti di sebuah pedesaan yang tenang, Entahlah. Kita ambil saja band-band Indonesia, sebut saja salah satunya Efek Rumah Kaca, dengan lagu mereka yang berjudul Desember, mampu membuat kita terbang entah kemana, sedih? Ntahlah, bahagia? Di lagu itu ada, campur aduk jika kita mendengarnya.

Sebelumnya, Saya akui, secara pribadi telah mengenal arti dari sebuah lagu ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar, lagu pertama yang saya hapal itu adalah lagu dari Fredy and Jean judulnya Lelaki dan Rembulan, jika saya mendengar lagu ini saya seakan-akan menjadi anak-anak lagi, saya bisa menari-nari bahkan ikut bernyanyi bersama, dan jika saya mendengar lagu jean yang Perjalanan saya kembali lagi menjadi anak kecil yang rindu akan kampung halaman, oh rasaya tak adil bagi kita jika hanya membicarakan kebahagiaan dari sebuah lagu, bagaimana kalau tentang kesedihan.

Bohong rasanya jika kalian tak mempunyai satu atau dua buah lagu yang sangat kalian benci, karena? Ya ketika mendengar lagu itu perasaan tiba-tiba  saja campur aduk, sedih yang mendominasi seperti saya, entah kenapa saya selalu sedih mendengar lagu Rumah Sakit yang berjudul Duniawi, well bukan hanya masalah cinta saja di dalam lagu itu, lagu itu menggambarkan kalau dunia ini hanya sementara, ada yang hilang dan ada yang datang, dan satu lagi, Taifun. Lagu dari Barasuara dan menjadi nama album mereka juga, dan bodohnya kita. Ada satu buah lagu yang jarang sekali kita dengar, tetapi tak pernah kita hapus dari handphone kita? Kenapa?  Karena itu kekuatan sebuah lagu. Mereka punya kekuatannya masing-masing.

Dan tidak heran jika ada seseorang yang mendengarkan lagu secara tiba-tiba, dan mereka sering berkata “Ini lagu aku banget!” lebay? Memang, dan harus kita maklumi ya, itulah kekuatan dari sebuah lagu, siapa pun akan mengisahkan kehidupan mereka lewat beberapa lagu. Bahkan tak heran jika banyak sekali orang-orang yang ketika putus cinta akan berusaha mencari lagu-lagu yang menurut dia sedih. Agar terlihat lebih dramatis, untuk dikenang.

Jadi, selain penghibur, sedikit banyaknya Lagu juga bisa mewakilkan kata-kata. Ibaratkan Lagu adalah sebuah pesawat, akan di tunggu kehadirannya, tetapi ketika datang, banyak kenangan yang harus ditinggalkan.

Nah sekarang, lagu apa yang bisa mengingatkanmu kepada seseorang? Dor! beritahu saya di twitter dan facebook.

Oleh: Zuhairlianza Iksan