Unclekick.com 17 Mei 2020 – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan pertemuan khusus dengan Google untuk mengembangkan fitur-fitur yang membantu dan menunjang operasional usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengapresiasi bantuan Google Indonesia yang memberikan asistensi kepada Pemerintah Indonesia khususnya kepada Gugus Tugas COVID-19 dalam penganan corona di Indonesia.

Menurut Jerry, bantuan itu sangat berarti dalam meringankan beban pemerintah melawan virus corona.“Dalam kondisi seperti ini peran teknologi informasi menjadi sangat penting untuk menunjang aktivitas pemerintahan, bisnis maupun masyarakat. Wabah COVID-19 ini harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk menuju alih transformasi ekonomi yang lebih digital sesuai dengan amanah Presiden Jokowi. Untuk itu dukungan teknologi adalah faktor yang menentukan dan kita berterima kasih atas bantuan Google,”kata Jerry.

Jerry juga meminta Google Indonesia membantu Pemerintah untuk mempercepat penyebaran dan pemanfaatan teknologi di kawasan Timur Indonesia. Wamendag memandang bahwa potensi di Indonesia Timur yang besar harus dimanfaatkan secara maksimal.

Baca Juga : Gojek Memanfaatkan Teknologi

Dengan demikian, pembangunan di Indonesia Timur bisa berjalan sama cepatnya dengan Indonesai Bagian Barat sehingga kesejahteraan mereka juga akan lebih baik.

“Indonesia Timur harus terus didorong dan juga menjadi prioritas pembangunan agar bisa optimal pengembangan daerahnya. Potensi kawasan itu harus tercermin melalui kesejahteraan warganya. Dengan bantuan Google Indonesia, kita bisa meningkatkan pemanfaatan teknologi sehingga kawasan Timur Indonesia bisa bergerak secepat kawasan barat.”terang Jerry.

Google Indonesia pun menyatakan komitmennya untuk terus memberikan bantuan, baik untuk penanganan COVID-19, maupun kerja sama yang berkelanjutan. Selanjutnya, Kementerian Perdagangan dan Google akan juga melakukan pertemuan teknis untuk membahas langkah-langkah tindak lanjutnya.