Arsitek terkenal Jepang Shigeru Ban telah menyelesaikan dua toilet umum sebagai bagian dari proyek kecilnya di kota Tokyo. Menariknya, toilet ini terlihat sangat transparan secara kasat mata.

Terletak di dalam Taman mini Yoyogi Fukamachi, kenyamanan umum telah dirancang dengan dua poin utama – kebersihan dan keamanan – dua aspek yang kita semua pertimbangkan saat memasuki toilet umum.

Dengan menggunakan teknologi terbaru, Shigeru Ban berhasil memanfaatkannya dengan cara menarik, mengubah kaca eksterior transparan menjadi buram saat pintunya telah dikunci. Cara ini dinilai sangat efektif jiika menilai aspek 2 point utama tadi, yakni pengguna bisa mengecek kebersihan kamar mandi, serta terlihat jika toiletnya kosong.

 

 

Dibagi menjadi tiga bilik, terdiri dari kamar mandi wanita, pria, dan fasilitas yang dapat diakses pengguna, pengguna dapat mengetahui jika toilet kosong dari jauh, karena eksterior kaca akan transparan jika kamar mandi kosong, sehingga sangat berguna dan aman di malam hari.

Toilet umum yang warna-warni ini cocok dengan warna untuk menemukannya keberadaanya di taman, seperti menjadi bagian darinya.

 

 

Cara mengaktifkan fitur buramnya terbilang cukup mudah. Cukup tekan sejenis lockon layaknya mematikan atau menghidupkan lampu, kemudian kunci pintu.

 

Selain itu toilet umum ini juga memiliki beberapa panel kontrol di bagian dalamnya, digunakan sebagai penghangat tempat duduk yang sangat nyaman saat diduduki pada saat musim dingin.

Kelengkapan sarana toilet ini pun dinilai layaknya sebuah toilet hotel, terdapat beragam fitur fasilitas otomatis didalamnya, mulai dari pengering, pengatur semprotan air, pembuka tutup toilet, flush, wireless, dan pengaturan udara dalamruangan, menjadi bagian dari toilet umum ini.

 

Kondisi toilet saat kosong

 

Kondisi toilet saat digunakan

Melalui kekuatan desain dan kreativitas 16 pencipta yang mendukung tujuan proyek ini, yayasan nippon menunjukkan apa yang dapat dicapai oleh masyarakat sekitar. Benar-benar kreatifitas yang bermanfaat!

 

project info:

name: yoyogi fukamachi mini park and haru-no-ogawa community park
location: tokyo, japan
design: shigeru ban
client: nippon foundation
status: complete/open
photography: satoshi nagare