Media sosial memang lagi digandrungi banyak kalangan. Bukan cuma kalangan remaja saja yang menguasai media sosial sebagai wadah untuk berinteraksi tapi semua kalangan usia sepertinya juga mulai ikut aktif di media sosial yang dapat di akses melalui gadget kapan saja. Banyak hal yang dapat dilakukan di media sosial. Buat yang bijak, kehadiran media sosial akan digunakan dan dimanfaatkan dengan sangat baik dan positif, dan begitu sebaliknya. Dengan media sosial, selain berinteraksi dengan orang lain dari jarak jauh, kita juga dapat menemukan info-info menarik. Selain menemukan info menarik, kita juga dapat membagikannya.

Sama halnya dengan yang dilakukan Bank Indonesia Kantor Perwakilan SUMUT dan kelompok UMKM SUMUT binaan Bank Indonesia yaitu WuBI (Wirausaha Bank Indonesia) yang memberikan gebrakan baru untuk dunia UMKM. Bank Indonesia bekerja sama dengan WuBI membuat sebuah klinik yang memberikan berbagai solusi untuk masalah-masalah yang dihadapi para penggiat UMKM baik untuk para expert maupun pemula. Klinik UMKM ini diluncurkan dalam bentuk website yang dapat kita akses kapan saja. Di websitewww.klinikumkm.com kita dapat mengajukan berbagai pertanyaan seputar dunia UMKM yang akan dijawab oleh para coach dari WuBI. Selain dapat diakses melalui website, klinik UMKM juga dapat diakses melalui media sosial yang sangat populer saat ini yaitu instagram. Melalui akun @klinikumkm , masyarakat juga dapat mengajukan berbagai pertanyaan melalui kolom komentar dan dapat melihat berbagai kegiatan, info, tips dan saran seputar dunia UMKM.

Klinik UMKM sendiri berkonsep kerja dan ibadah yang dimaksudkan para coach bekerja memberikan saran, tips dan melayani berbagai keluhan dan pertanyaan masyarakat seputar dunia UMKM melalui website www.klinikumkm.com atau akun instagram @klinikumkm. Dan kegiatan ini bersifat gratis yang dianggap sebagai bentuk ibadah oleh Bank Indonesia dan para coach dari WuBI. Selain dapat bertanya melalui website dan instagram, klinik UMKM juga memberikan pelayanan bertemu langsung dengan coach untuk menyampaikan langsung keluhan dan pertanyaan masyarakat dengan jadwal yang telah ditentukan.

Dengan adanya klinik UMKM, Bank Indonesia KPW Sumut berharap kedepannya dapat membantu pertumbuhan UMKM di Indonesia terutama di Sumut. Sehingga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang jauh lebih baik lagi.

Klinik yang berbasis tekonologi dan berkonsep masa kini seperti klinik UMKM sangat bermanfaat karena membantu masyarakat dalam mengembangkan bisnis dan tentunya klinik UMKM ini sangat mudah untuk diakses. Dengan memanfaatkan teknologi seperti media sosial ternyata kita juga masih bisa bekerja dan beribadah dengan cara yang menyenangkan.

Oleh: Syayu Mutiara