Komunitas Mbrace Medan kembali membuat pergerakan dalam bidang visual. Sebelumnya komunitas ini telah sukses melakukan kegiatan di bidang sound seperti Workshop pembuatan beat dalam musik.

Malam kemarin, Rabu (31/10/2018) Mbrace Medan mengundang beberapa tokoh visualist dari Jakarta dan Pekan Baru. Mereka adalah Riyan Berlian dari Jakarta dan Yuri dari Pekan Baru.

Riyan Berlian (tengah, Yuri Cherish (Kiri Kedua), Usop (Kiri Pertama), dan Kholil (Paling Kanan) saat sharing session mengenai industri visual di Acara Visualist semalam.

Riyan merupakan visualist yang telah banyak melakukan seni instalasi cahaya dalam sebuah pertunjukan. Dalam workshopnya berjudul Visualist, Riyan membeberkan pengalamannya selama menjalani pekerjaan ini. Ia juga memberikan pelatihan singkat dalam membuat visual secara mudah.

“Saya pribadi untuk membuat bahan visual yang ditampilkan saya tidak bisa, namun dari banyakknya software saat ini dan kemampuan dalam seni instalasi, kita bisa memberikan suguhan cahaya yang membuat orang terus melihat,” kata Riyan memotivasi peserta workshop.

Sementara itu, Yuri Yoranda memberikan pengetahuan terkait visual mapping yang nantinya akan terus digalakkan untuk menambah wawasan anak muda Medan. Visual Mapping merupakan sebuah teknik yang menggunakan pencahayaan atau proyeksi sehingga dapat menciptakan ilusi optis pada objek-objek.

“Visual banyak bisa digunakan dalam hal apa pun, namun disini kita akan menggiring bahwa visual itu bisa kita nikmati dengan pertunjukan di sebuah gedung, benda, air, dan awan,” kata Yuri yang juga merupakan tim dari Mbrace Medan.

Sumber: imaji.live