Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Indonesia juga memiliki banyak UMKM di dalamnya. Hal ini menimbulkan keinginan Mr. Juha P. Salin sebagai Konsulat Jendral Amerika Serikat untuk Sumatera Utara untuk mengadakan sebuah pertemuan antar pemeran UMKM yang ada di Sumatera Utara dengan motivator serta pelaku bisnis syariah terbesar di Amerika.

Sabtu, 11 Februari 2017 Mr. Juha bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Sumatera Utara (KaDinSU) mengundang para pelaku UMKM yang ada di Sumatera Utara dan juga mengundang Mr. Mohamed Geraldez sebagai pembicara. Acara yang di adakan di rumah dinas Konsulat Jendral Amerika Serikat ini dibuka oleh bapak walikota Medan, Bapak Dzulmi Eldin dan kemudian dilanjutkan dengan sesi perkenalan model dan jenis bisnis UMKM para tamu undangan. Ada sekitar 15 UMKM yang di undang untuk memperkenalkan bisnis mereka dan ikut serta dalam acara tersebut. Diantaranya ada UMKM dari Bank Indonesia (WuBI), HIPMI, TDA dan lainnya.

Mr. Juha di sela-sela makan siang bersama mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk saling memperkenalkan bisnis UMKM yang ada saat ini. Selain itu, Mr. Juha ingin membukakan jalan bagi para UMKM untuk bisa bekerja sama dengan pelaku bisnis yang ada diluar Indonesia, terutama di Amerika. Dengan menggundang Mr. Mohamed Geraldez, diharapkan para pelaku UMKM di Medan terutamanya dapat menambah ilmu, jaringan dan trik dalam berbisnis agar bisa menjadi bisnis Internasional. Mr. Juha sangat berharap acara tersebut dalam menjadi jalan pembuka untuk melakukan hubungan baik dalam hal berbisnis antara Indonesia dan Amerika.

Selain, acara pertemuan antar UMKM, Mr. Juha juga sering mengadakan pertemuan lain dengan tema yang berbeda pula sesuai dengan kebutuhan warga Sumatera Utara. Acara pada hari sabtu kemarin, ditutup dengan sesi foto bersama dan pertukaran cinderamata antara Kamar Dagang dan Industri Sumatera Utara kepada Mr. Juha P. Salin.

Oleh: Syayu Mutiara