Baru-baru ini kita dihebohkan dengan berbagai istilah baru di dunia maya seperti unicorn, crowdfunding, crowdsoursing, global capital dan berbagai istilah asing lainnya. Bisa di bilang tahun ini dimana banyak startup lokal mengalami fase perubahan untuk menjadikan transfer teknologi dan peralihan edukasi menuju revolusi baru menuju global.

Menariknya, perkembangan bisnis model startup di tanah air sudah dipastikan tergolong berhasil menggaet penggunanya. Apalagi dengan market yang besar dari jumlah penduduk 250 juta jiwa. Banyak kaum muda yang konsumtif dan senang menikmati dunia digital yang selalu mereka genggam, dari aplikasi hingga platform yang mudah untuk diakses. Hayo jujur, peluang yang sangat menggiurkan bagi bisnis startup bukan?

Tak sedikit pula yang menyangka beberapa startup lokal yang ada merupakan perusahaan asing. Padahal asli Indonesia lho. Yang menarik dari perjalanan mereka adalah tidak sedikit yang berawal dari hobi pendirinya yang semua didasari oleh kebutuhan pasar menjadikan mereka bertahan hingga sekarang.

Namun, kondisi ini justru membuat persaingan perusahaan Startup Lokal lebih tinggi dibandingkan perusahaan pada umumnya. Sehingga, hal ini menjadi tantangan yang harus dijawab oleh perusahaan Startup setelah menjadi perusahaan publik.

Bicara persaingan, nah setelah ngulik browser mesin pencarian akhirnya nemu nih siapa-siapa aja yang menduduki peringkat startup top di Indonesia menurut Startup Ranking

Periode 22 November 2017