Perusahaan induk Facebook, Meta, mengumumkan toko ritel pertamanya di dunia. Toko ini ditujukan agar pelanggan bisa merasakan pengalaman menuju metaverse. Toko ritel bernama Meta Store ini berlokasi di Burlingame, California, Amerika Serikat. Toko ini mulai dibuka pada 9 Mei nanti.

Di Meta Store, pengunjung dapat melakukan video call ke temannya dengan Portal, mencoba Ray-Ban Stories, hingga merasakan pengalaman virtual reality (VR) dengan Quest 2. Semua alat itu juga dipermudah agar pelanggan bisa membelinya di satu tempat secara online lewat tab Shop di meta.com.

“Di Meta Store, kami ingin anda berinteraksi dengan semuanya. Kami ingin anda mengambil suatu barang. Kami ingin anda merasakannya,” kata Meta dalam blog resminya, Selasa (26/4/2022).

Meta Store ini memiliki luas sekitar 143,9 meter persegi dan berdekatan dengan Reality Labs, tempat perusahaan membangun metaverse.

“Memiliki toko di Burlingame memberi kami lebih banyak kesempatan untuk bereksperimen dan menjaga pengalaman pelanggan untuk pengembangan kami. Apa yang kami pelajari di sini akan membantu menentukan strategi ritel kami di masa depan,” kata Martin Gilliard, Head of Meta Store.

Gilliard menambahkan, Meta Store akan membantu orang-orang untuk mengenal bagaimana produk Meta dapat menjadi pintu gerbang ke metaverse di masa depan.

“Kami tidak menjual metaverse di toko kami, tapi mudah-mudahan pengunjung akan masuk dan keluar untuk mengetahui lebih banyak terkait bagaimana produk kami membantu menghubungkan mereka dengan metaverse,” jelas Gilliard.