Ingin ikut streaming langsung seperti konten-konten lainnya? Gak usah khawatir, Anda juga dapat melakukannya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memulainya, bagaimana kita dapat menyiapkan streaming live performance secara profesional dan sesuai anggaran.

Walaupun mungkin perlu waktu bagi kita agar dapat menyajikan pertunjukan secara langsung, baik itu dibutuhkannya pemain, musisi, dan talent lain, memang tak mudah untuk memindahkan pertunjukan mereka secara online dalam satu tayangan kita.

Akan tetapi jika Anda adalah seorang creator dan sekaligus pemainnya yang tertarik dengan streaming langsung memberikan kontent terbaik kepada orang lain, ada beberapa cara untuk mewujudkannya – berapa pun anggaran Anda. Ada beberapa informasi yang kami kumpulkan dan beberapa saran perlengkapan dari Premiumbeat.com yang akan Anda butuhkan.

Jadi, mari kita mulai…

1. Mempersiapkan Streaming

Seperti biasa, anggaran menjadi perhatian utama setiap orang. Cara terbaik untuk menekan biaya adalah dengan menggunakan apa yang sudah Anda miliki. Untungnya, 2020 memang menyediakan beberapa jalan bagus untuk streaming langsung dengan harga murah, sambil memanfaatkan beberapa peralatan yang mungkin sudah Anda miliki.

2. Software

Mari kita mulai dengan Software-nya. Perangkat lunak siaran adalah cara Anda menayangkan grafik, media, dan rekaman video ke dalam satu file yang akan disiarkan di seluruh platform refrensi Anda  baik itu Twitch, Facebook, YouTube, dll.

Software yang dapat Anda gunakan adalah OBS (Open Broadcast Software) – program open-source yang sepenuhnya gratis yang dapat dijalankan bahkan di komputer sederhana. OBS adalah program yang mudah digunakan dan langsung dengan fitur-fitur canggih yang dapat membawa Anda ke lingkungan profesional.

Pelajari streaming dengan OBS Studio. Image via OBS.

Mempelajari OBS akan membuat Anda terbiasa dengan fungsi streaming langsung dan bagaimana fungsi siaran langsung. Seperti halnya perangkat lunak apa pun, ada kurva belajarnya, jadi kami sarankan untuk melakukan pengujian sebelum memulai pertunjukan langsung.

3. Kamera dan Audio

Memiliki gambar yang bagus untuk dikirim melalui streaming itu penting. Tapi, untuk memangkas biaya, coba manfaatkan perlengkapan yang sudah Anda miliki.

Menggunakan ponsel Anda sebagai kamera masih menjadi pilihan. Untungnya, sebagian besar perusahaan kamera baru-baru ini merilis perangkat lunak yang membuat kamera mereka dapat digunakan sebagai webcam. Anda cukup menghubungkan kamera Anda ke komputer melalui kabel USB dan mendapatkan sinyal ke OBS.

Jika Anda memiliki kamera yang dirilis dalam beberapa tahun terakhir, kemungkinan besar itu kompatibel dengan perangkat lunak baru. Pastikan untuk memeriksa daftar kamera yang kompatibel terlebih dahulu – sebelum memulai.

4. Audio

Meningkatkan kualitas suara yang Anda rekam sama pentingnya dengan kualitas video Anda. Tujuannya adalah untuk memiliki banyak input audio dengan kemampuan untuk mengontrolnya secara mandiri. Sama seperti kamera video Anda, Anda mungkin dapat menggunakan beberapa peralatan yang biasa ditemukan di gudang pembuat film.

Namun perekam audio portabel – seperti Tascam DR-40X atau Zoom H6 – memungkinkan penggunaan perekam sebagai antarmuka audio USB, bukan hanya perekam audio eksternal.

Ini berfungsi sama dengan perangkat perekam video di atas, hanya untuk audio. Komputer Anda mungkin memerlukan beberapa driver yang diinstal, jadi tanyakan kepada produsen perekam audio Anda untuk memastikan Anda menginstal perangkat lunak yang tepat. Jika Anda tidak memiliki perekam audio portabel, itu adalah investasi yang bagus untuk ditambahkan ke daftar perkakas Anda.


Jangan ragu untuk menyesuaikan perangkat yang kami rekomendasi untuk Anda, agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Karena streaming langsung menjadi sarana pertunjukan yang lebih populer bagi para konten kreator.