Masih hangat suasana megah dan mewahnya perhelatan akbar Academy Awards yang ke 93 pada 26 April 2021 lalu, berbagai momen terjadi baik momen indah dimana saat Youn Yuh-jung, nenek di film ‘Minari’ memenangkan ‘Best Supporting Actress’, momen awkward saat Daniel Kaluuya menjadikan keluarga nya bahan candaan dengan kalimat yang agak ‘nyeleneh’, bahkan momen buruk keseluruhan acara yang menurut beberapa media dirasa kurang meriah dan justru tekesan garing.

Tidak hanya itu, momen kemenangan Anthony Hopkins sebagai Best Actor menjadi pertanyaan bagi berbagai pihak, momen tersebut dianggap antiklimaks pasalnya masyarakat sudah berasumsi bahwa Best Actor akan dianugerahkan kepada mendiang Chadwick Boseman. Apalagi pembacaan pemenang Best Picture yang biasanya menjadi momen selebrasi penutup Acara, digantikan oleh pembacaan pemenang Best Actor. Pada akhirnya, Jangan dirasa terlalu heboh akan ajang yang satu ini, karena tahukah kalian bahwa aktor dan aktris favorit kalian bahkan favorit kita semua justru belum pernah memenangkan piala Oscar. siapa saja mereka?

  1. Robert downey Jr.

Robert Downey Jr.

Mengawali karir sejak tahun 1970, memainkan berbagai peran ikonik di tahun 90 sampai 2000an, bahkan sukses besar di Marvel Cinematic Universe pada 1 dekade terakhir sebagai Iron Man, Robert Downey Jr. sayangnya belum pernah memenangkan piala Oscar . Total Robert Downey Jr. pernah 2 kali masuk nominasi Oscar. Pertama nominasi Best Actor di tahun 1993 lewat film Chaplin dan nominasi Best Supporting Actor di tahun 2009 lewat film Tropic Thunder.

  1. Tom Cruise

Tom Cruise

Lebih dari 50 tahun mengabdi di dunia peran, Tom cruise bahkan belum pernah mencicipi aroma piala Oscar. Walaupun pada tahun 1990 dan 1997, Bapak 3 anak ini pernah masuk nominasi aktor terbaik namun gagal. Bahkan Kembali di tahun 2000 masuk nominasi sebagai Peran Pendukung Terbaik, namun Tom Cruise belum bisa membawa pulang piala bergengsi tersebut.

  1. Harisson ford

Harrison Ford

Siapa yang tidak tahu Indiana Jones atau Han Solo?. Harrison Ford, Aktor yang sudah menyelami dunia peran sejak tahun 1973 ini belum pernah memenangkan piala Oscar. Ford hanya pernah menjadi nominasi aktor terbaik satu kali di tahun 1986 lewat film ‘witness’

  1. Will smith

Will Smith

Total Will Smith sudah 2 kali menjadi nominasi pemenang aktor terbaik, yakni di tahun 2002 lewat film ‘Ali’ dan 2007 lewat film yang cukup ikonik ‘The Pursuit of Happyness’. Namun sayangnya Will Smith belum bisa membawa pulang piala Oscar.

  1. Amy Adams

Amy Adams

3 kali menempati peringkat tahunan aktris dengan bayaran tertinggi di dunia, Amy Adams justru belum pernah meminang piala Oscar. Menariknya, bahkan total Amy adams sudah 6 kali masuk nominasi Oscar, 5 diantaranya ialah nominasi Aktris pendukung terbaik dan 1 nominasi Aktris Terbaik. Terakhir kali Amy mendapatkan nominasi Aktris pendukung terbaik di tahun 2019 lewat film Drama Komedi ‘Vice’

  1. Samuel L.Jackson

Samuel L. Jackson

Aktor yang kerap kali memainkan peran ikonik, Samuel L. Jackson juga belum pernah mencicipi hangatnya piala Oscar.  Total Samuel pun hanya pernah masuk nominasi dalam kategori Aktor pendukung terbaik di tahun 1995 lewat film ‘Pulp Fiction’

  1. Keanu Reeves

Keanu Reeves

Keanu Reeves, seorang aktor yang cukup banyak membintangi peran peran ikonik dunia film seperti pada John Wick atau The Matrix ternyata belum cukup untuk membuat Keanu Reeves bisa meminang piala Oscar. Jangkan meminang, bahkan Keanu Reeves selama ini belum pernah masuk ke dalam Nominasi Piala Oscar.

  1. Johny Depp

Johny Depp

Aktor multitalenta Johny Depp bahkan belum pernah memenangkan piala Oscar. Johny Depp sendiri bahkan ber statement justru tidak mau memenangkan Oscar. Sang aktor memang tidak memberikan alasan spesifik soal hal tersebut. Sebelumnya, Johny Depp pernah menjadi nominasi Aktor Terbaik sebanyak 3 kali yakni di Tahun 2004 lewat film Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl, 2005 lewat film Finding Neverlad dan terakhir pada tahun 2008 lewat film musikal horror yang cukup ikonik yaitu Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street

  1. Ian Mc Kellen

Ian McKellen

Sir Ian Mc Kellen sudah memulai karir di dunia peran pada tahun 1969. Hingga saat ini banyak karakter ikonik di jagat perfilman yang juga di perankan olehnya, sebut saja Gandalf dan Magneto. Namun memang hingga saat ini total Ian Mc Kellen hanya 2 kali menjadi nominasi Oscar, yaitu nominasi Aktor terbaik di tahun 1999 lewat film Gods and Monsters dan nominasi Aktor pendukung terbaik di tahun 2002 lewat sekuel pertama The Lord Of The Rings.

  1. Ryan Gosling

Ryan Gosling

Aktor yang memulai karirnya sebagai bintang cilik pada Mickey Mouse Club di Disney Channel ini Total pernah 2 kali menjadi nominasi Aktor Terbaik dalam ajang Oscar, yaitu di tahun 2007 lewat film Half Nelson dan pada tahun 2017 lewat film yang fenomenal La La Land. Namun sayangnya Ryan Gosling belum pernah memenangkan piala Oscar.

 

Masih banyak nama nama besar lainnya yang bernasib sama seperti 10 nama diatas. Sebagai fans, tentunya banyak ekspektasi yang digantungkan terhadap aktor ataupun aktris yang digemari, salah satunya ialah lewat penghargaan yang didapat sang aktor. Namun pada kenyataannya tidak semudah mengucapkannya, bahwa penghargaan bergengsi di dunia film tentunya perlu banyak effort dan banyak hal yang menjadi pertimbangan. Tugas kita sebagai fans ialah tetap selalu men-support karya karya yang dibintangi oleh aktor atau aktris favorit kita. Hanya dari Aktor dan Aktris yang belum pernah memenangkan piala Oscar saja kita bisa belajar bahwa orang orang yang berkesan di mata banyak orang tidak selalu berkesan di mata penentu prestasi seseorang.