(Tebak-tebakan)
Tanya: Makanan apa yang sia-sia? Hayoo?
Jawaban: Nasi Goreng, Uda tau nasi uda mateng, masih aja di goreng.
(Krikkk…..Krikkkk)

Berbicara mengenai nasi goreng yang merupakan makanan paling dikonsumsi orang Indonesia, bahkan di mancanegara, ya pasti sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita. Disamping cara pembuatan yang dinilai cukup sederhana, membutuhkan bahan nasi putih, sambal, kecap dan beberapa bumbu dapur lainnya, tapi menjadikan menu ini spesial saat menyantapnya.

Dibalik kesederhanaan hidangan ini, dibutuhkan keahlian khusus untuk membuatnya, sampai-sampai menu yang bisa dikatakan cepat saji ini bisa kita dapati di hotel bintang lima sampai terdapat di ruas-ruas jalan ibu kota.

Tidak berbeda dengan nasi goreng di kota lainnya, Medan juga memiliki lokasi makanan yang menyajikan Menu Nasi Goreng, namun dinilai Edan bagi sebagian orang Medan. Apalagi menu ini bisa didapatkan di warung sederhana di pinggiran Kota Medan, tapi tetap memiliki cita rasa berbeda dan harga kaki lima tentunya. Nah, dari pada penasaran berikut beberapa warung Nasi Goreng “edan” yang ada di Kota Medan yang sudah kita rangkum :

1. Nasi Goreng Surya

Nasi Goreng Surya

Jika dilihat sepintas, tidak ada yang spesial dari warung nasi goreng  yang berlokasi di Jalan Letjend S.Parman No.1, dengan suasana tempat yang teramat kecil dan kelihatan sederhana. Eitss, tapi jangan salah, di balik kesederhanaan ini warung yang buka mulai jam 5 sore ini selalu ramai, dengan deretan mobil dan kereta yang parkir di depannya.

Surya adalah nama tempat sekaligus pemilik warung makan tersebut, rahasia dibalik ramai pembeli diwarung nasi gorengnya ternyata karena dalam proses pengolahan dan pemasakan memakai arang sehingga hal ini mempengaruhi meresapnya bumbu dan memberikan aroma dan rasa yang khas.

 

2. Nasi Goreng Kolong

Nasi Goreng Kolong | Sumber Foto Aplaus Magazine

Medan memang bisa dibilang surganya kuliner, makanan lezat serta juru masak yang handal bisa tersebar dimana saja bahkan ditempat yang tidak terduga, seperti contoh kedai nasi goreng milik Muhammad Taufik yang buka mulai dari jam 7 malam dan berdiam di Jalan Brigjend Katamso ini .

Nasi Goreng yang lokasinya terlihat tidak menarik ini justru diminati banyak pengunjung. Ternyata racikan yang terdiri dari cabe rawit giling, terasi, dan asam jawa itu merupakan kunci sedapnya nasi goreng yang berada dibawah kolong sebuah gedung tersebut.

Kalau datang kesini penulis merekomendasikan Nasi Goreng Kampung, yang gurih berasal dari teri nasi yang tersemat diantara butir nasi yang berbalut minyak dan sambal hijau.

 

3. Nasi Goreng Pemuda

Nasi Goreng Pandu | Sumber Foto Makanmana.net

Hampir setiap malam warung nasi goreng yang berlokasi di Jalan Pemuda yang tidak jauh dari Gedung Djuang 45 ini selalu ramai.

Ternyata pemilik warung nasi goreng pemuda Nafrizal Salihamizi mengaku tidak memiliki keahlian dalam hal masak memasak. Hingga akhirnya ia pun mencari tenaga ahli dan memulai bisnis tersebut, alhasil usaha nasi goreng yang sudah Sembilan tahun dijalaninya ini sangat ramai dikunjungi dan pengunjung yang datang hampir 80% dari etnis Tionghoa.

Ciri khas dari nasi goreng ini topingnya diletakkan potongan ayam atau daging, dijamin yang makan disini bakalan nambah deh.

 

Kalo anda gimana guys? Share yuk! menu nasi goreng andalan anda lewat Instagram dengan menandai @unclekick atau gunain hastag #unclekick. Biar bisa kita share yang belum tahu.