Jika kita melihat sekitar, mungkin pandangan kita tidak pernah terhindar dari penampakan limbah plastik dari berbagai merek ternama. Dengan beragam bentuk, tak jarang limbah plastik ini menumpuk dan memenuhi tempat atau pembuangan sampah.

Seperti yang diketahui bahwa limbah plastik berdampak buruk bagi lingkungan. Plastik dapat terurai tergantung pada jenis plastik yang digunakan, proses terurainya berlangsung antara ratusan sampai ribuan tahunan.

Miliaran limbah plastik digunakan setiap tahun di kota-kota besar, sehingga lokasi pembuangan sampah hampir tidak akan cukup untuk menampung semuanya.

Dasar keprihatinan atas limbah plastik saat ini, pemuda asal Perancis Jason Knight telah mengembangkan cara untuk membuat papan skateboard dari 100% plastik daur ulang dan telah dirilis secara open source.

Dalam memerangi sampah plastik, perancang membuat downloading kit yang berisi semua informasi yang dibutuhkan orang untuk membuat papan mereka sendiri, sambil mendukung pendaur ulang plastik skala kecil.

Mengapa Skateboard? Menurut Knight paling menonjol dari produk plastik daur ulang adalah selain keindahan penampilannya, sering diabaikan adalah seberapa kuat dan tahan lama limbah plastik ini bertahan.

Jason Knight memilih proyek deck skateboard untuk memanfaatkan apa yang sebenarnya dapat dilakukan oleh plastik daur ulang saat mereka melewati kondisi ekstrem: terbentur, digiling, dan dijatuhkan. Bentuk ini juga dipilih karena paling layak untuk menunjukkan potensi material dari ketipisannya.

Menurutnya ini adalah cara tradisional pertama di dunia yang memanfaatkan 100% plastik daur ulang untuk melengkapi kebutuhan sebuah hobi.

Langkah selanjutnya untuk menyambung proyek ini, Jason Knight bersama Mandin Earth akan membuat digital kit yang berisi semua informasi yang dibutuhkan orang untuk membuatnya sendiri.

Kit yang dapat diunduh nantinya akan mencakup semua informasi yang dibutuhkan orang untuk mulai memproduksinya, dari model 3D, gambar teknik, skema elektronik, panduan perakitan, video pembuatan, video penggunaan, lembar data teknis, dan bill of material.

Semua informasi ini akan dibagikan secara online, open source gratis, sehingga siapa pun di dunia dapat mengunduhnya, membangunnya sendiri, dan mulai membuat deck.