Sony Corp mengungkapkan akan menggelar peluncuran resmi PlayStation 5 secara online, sempat sebelumnya gagal diselenggarakan akibat meledaknya unjuk rasa di Amerika Serikat usai kematian George Floyd.

Acara peluncuran PlayStation 5 akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2020, pukul 03.00 WIB. Sesuai informasi lewat akun twitternya, peluncuran kali ini Sony akan mengangkat tema ‘ The Future of Gaming’.

CEO Sony Interactive, Jim Ryan, sebelumnya pernah mengungkapkan peluncuran akan dilaksanakan lewat live streaming berdurasi lebih dari 1 jam yang dapat disaksikan di kanal youtube dan Twitch TV, sekaligus akan memperlihatkan judul gim apa saja akan meluncur sebagai pembuka konsol PlayStation 5 kali ini.

Pada bulan lalu, Epic Games selaku pengembang gim sempat memerkan video singkat kemampuan grafis dari Unreal Engine 5 memberikan dukungan pada semua game di PlayStation 5.

Melihat kualitas visual yang diperlihatkan Unreal Engine 5, secara jelas bahwa game di PlayStation 5 akan sangat berbeda dibandingkan Playstation 4. Terlihat, kualitas visual yang disajikan lebih nyata. Hal ini menandai Sony sebagai perusaahan konsol game yang akan membawa pengalaman baru di era industri game kali ini.

Menurut Direktur Senior Komunikasi Konten Sony Interactive Entertainment, Sid Shuman, juga membenarkan, karena sebelumnya grafik permainan PlayStation 5 dioptimalkan untuk layar Ultra-high-definition 4K, namun diperkecil agar dapat beradaptasi dengan batasan bandwidth yang ada.

“Walapun jalan untuk memulai ini agak berbeda, kami senang sekali bisa membawa Anda Bersama kami dalam perjalanan ini untuk mendefenisikan Kembali masa depan Video Game” kata Shuman.

Lebih lanjut, PlayStation 5 akan hadir dengan prosesor AMD Zen 2 delapan inti, GPU custom AMD RDNA 2, GDDR6 RAM 16GB, dan media penyimpan SSD sebesar 825GB dan performa sistem 5,5GB/s.