Kerajinan kayu (woodcraft) bagi masyarakat Indonesia merupakan produk yang sudah lama ditekuni dan menjadi salah satu kekayaan seni karya yang dikenal hingga ke mancanegara. Apalagi tanpa sadar kini kayu kembali menjadi salah satu bahan unggul yang sering dijadikan produk handmade.

Semua produk handmade yang terbuat dari kayu, baik itu yang berukuran besar atau kecil, punya penampilan dan kualitas, pastinya memiliki harga jual yang cukup tinggi. Setimpal dengan apa yang akan diperoleh pembelinya. Karena cukup diakui produk handmade berbahan kayu ini memiliki tekstur warna sangat menarik, dan miliki daya tahan tinggi yang gak perlu diragukan lagi.

Apa saja produk handmade yang sekarang dibuat menggunakan bahan kayu? berikut ulasannya.

1.Lampu Hias

Photo by @studiokayu

Photo by @studiokayu

Siapa bilang kayu hanya bisa dijadikan bahan untuk membuat kursi atau dudukan saja. Sebenarnya selama desain serta proses pembuatannya dilakukan dengan baik dan benar, anda bisa mendapatkan lampu kayu yang tetap aman untuk anda gunakan. Karena bahan kayu biasanya lebih mudah untuk dibentuk. Apalagi dengan konsep lampu hias minimalis, akan memberi suasana kamar atau ruangan anda semakin bergaya oriental. Selain itu, desain dari lampu-lampu kayu ini juga biasanya unik dan menarik perhatian. Pengrajin seperti “Studio Kayu” akan menolong suasana berbeda di hunian anda.

2. Kacamata

Photo by @tesmak

Photo by @tesmak

Untuk menunjang penampilan seseorang biasanya menggunakan kaca mata, dan farme kacamata biasanya terbuat dari bahan besi atau plastik. Nah, ada pengrajin yang kini membuat produk kacamata berbahan kayu.

Secara bentuk dan konsep, kacamata kayu ini tidak jauh berbeda dengan kacamata pada umumnya.Tapi secara penampilan, kacamata kayu ini terlihat lebih modern, kombinasi serat kayu dan warnanya yang alami menjadikan pemakainya akan terlihat good looking. Di Indonesia, sudah ada banyak pengrajin yang menjual kacamata kayu ini, baik itu kacamata hitam atau kacamata alat bantu penglihatan.

Seperti yang terkenal di Indonesia antara lain, Kallestory, dan Tesmak.

3. Jam tangan kayu

Photo by @matoa_id

Photo by @matoa_id

Produk handmade kayu yang satu ini juga sama uniknya. Sama seperti kacamata kayu, jam tangan kayu juga punya bentuk yang mirip dengan jam tangan seperti yang anda gunakan, Bedanya penampilannya jam tangan ini lebih ringan dan kelihatan vintage. Bahannya juga alami dan ramah lingkungan karena menggunakan kayu sisa atau limbah pembuatan produk lain.

Di Indonesia, pengrajin jam tangan kayu yang paling terkenal dan sudah menjual produknya secara internasional adalah Matoa dari Bandung. Tapi selain itu masih ada juga pengrajin lain yang cukup keren seperti NR Bowties dan Hand2craft.

4. Casing Gadget Kayu

Photo by @membranestore

Photo by @membranestore

Casing gadget dari kayu sudah pasti memiliki kesan sentuhan ekstra dari ukirannya, baik itu sudah ditentukan dari awal atau yang custom permintaan pemakainya. Alhasil dapat menambah kesan “Wah” saat memakainya. Bahkan dirancang dengan mempertahankan seni dari keindahan kayu alam yang menarik.

Beberapa pengrajin Indonesia yang membuat casing kayu atau bambu yang unik antara lain BatikGeek dan Miss Wood. Tapi, selain casing smartphone ada juga yang membuat dan menjual casing kayu untuk macbook, bahkan sampai tas untuk macbook.

(*/Unclekick.)