Mengetahui cara memasang proyektor dan laptop dengan benar adalah penting bagi profesional. Anda harus tahu bagaimana melakukan ini sendiri sehingga Anda dapat melakukan semuanya dengan cepat dan efektif setiap anda ingin persentasi.

Jika proyektor dan laptop telah disiapkan sebelumnya untuk Anda, Anda harus tahu apa yang harus anda lakukan dan mengetahui semuanya tetap berfungsi dengan baik atau jika ada yang tidak berfungsi selama presentasi.

Pengaturan dan pengujian yang tepat memastikan bahwa semua orang akan melihat presentasi Anda seperti yang Anda inginkan.

 

Pengaturan Laptop dan Proyektor (Kabel)

Jika laptop akan ditransfer ke proyektor dengan kabel audio / video, cara ini  yang perlu anda lakukan:

1. Pastikan laptop dan proyektor dimatikan sebelum membuat koneksi apa pun.

Anda dapat mematikan laptop dengan menekan tombol power atau menggunakan fungsi shutdown pada sistem operasi. Untuk mematikan proyektor, tekan tombol daya, biasanya di bagian atas atau depan perangkat.

2. Sambungkan satu ujung kabel video ke port monitor laptop dan ujung lainnya ke port “in” proyektor.

Note : Ujung-ujung kabelnya sama, jadi tidak masalah yang mana masuk ke perangkat yang mana.

3. Luangkan waktu sebentar untuk memastikan bahwa kedua ujungnya terhubung dengan benar, dan kencangkan jika perlu.

Koneksi yang longgar di kedua ujungnya tidak terkoneksi dengan presentasi yang ditampilkan atau mungkin dapat mematikan video secara acak. Pastikan kedua ujung port duduk dengan sesuai.

Note: Kabel HDMI tidak dapat diputar seperti kabel VGA dan DVI, jadi mendorong sampai Anda mencapai ujung port adalah yang terbaik yang dapat Anda lakukan.

4. Jika proyektor Anda memiliki mouse untuk remote control, sambungkan ke port mouse laptop dan kemudian hubungkan ujung lainnya ke port Mouse Anda.

Jika proyektor menggunakan infrared atau bluetooth, pastikan adaptor USB sudah aktif dan perangkat terpasang dengan benar untuk mengirim dan menerima sinyal.

5. Sambungkan kabel audio yang disertakan dengan proyektor ke port audio “out” di laptop dan port audio “in” pada proyektor. Pastikan koneksi ini terpasang dengan benar.

6. Nyalakan laptop dan proyektor, lalu periksa kembali apakah koneksi telah diamankan dengan benar.


Pengaturan Laptop dan Proyektor (Wireless)

Beberapa laptop terhubung ke proyektor secara wireless, dalam hal ini arah pengaturan berbeda:

1. Matikan proyektor nirkabel dan laptop.

2. Sambungkan perangkat pemancar nirkabel ke laptop dan / atau proyektor seperti yang dijelaskan dalam manual proyektor. Ini adalah perangkat yang memungkinkan komunikasi antara laptop dan proyektor.

Note : Anda dapat melewati langkah ini jika proyektor dan laptop Anda memiliki kemampuan untuk saling terhubung satu sama lain. 

3. Nyalakan laptop dan tunggu hingga boot penuh.

4. Instal di laptop setiap sotfware yang disediakan untuk menjalankan proyektor. Mungkin saja proyektor bekerja dengan sistem operasi yang bekerja secara otomatis mengkoneksi perangkat proyektor dengan Laptop.

Instal sesuai dengan petunjuk yang diberitahukan kemudian jalankan sistem program yang terkait dengan proyektor.

5. Nyalakan proyektor. Laptop akan secara otomatis mendeteksi  dan mengenali perangkat yang terhubung dari proyektor ketika dihidupkan.

Note : Tekan source (input) untuk memilih input yang akan didisplaykan atau automaticsource dalam kondisi “On”, silahkan menunggu 5 – 10 detik untuk pencarian input terdekat.