Kapan lagi coba, kita mengetahui perbedaan antara ‘Fortnite’ dan ‘PlayerUnknowns BattleGrounds (PUBG)’, dua judul yang telah berhasil mempopulerkan kembali Battle Royale saat ini.

Sekarang saatnya untuk kita ketahui keunggulan kedua game yang kini saling bersaing, dengan peningkatannya yang fantastis telah berhasil mengumpulkan jutaan pemain di seluruh dunia.

Walau konsep keduanya serupa, dengan menawarkan pertempuran 100 pemain bersaing satu sama lain dengan peta yang menyusut seiring waktu, ada perbedaan mencolok yang membuat mereka menjadi dua game yang sama sekali berbeda.

Selain dari filosofi permainan dan penyelesaian grafis mereka, saat selesai membacanya, kamu bisa mendapatkan ide yang paling sesuai kamu cari dan mana yang akan kamu mainkan.

 

Asal mula bertaruh segalanya untuk Battle Royale

Perbedaan pertama adalah kedua game ini telah mengawali perjalanan mereka hingga mencapai apa yang mereka miliki. Baik ‘Fortnite’ dan ‘PlayerUnknown’s Battlegrounds’, sama-sama memulai jalur mereka sebagai game berbayar saat peluncuran awal, yang berarti pemain harus membeli agar dapat memainkan lokasi misi yang belum selesai. Namun PUBG memiliki kedudukan untuk mode Battle Royale yang pertama kali diciptakan.

Nyatanya, Fortnite enggak benar-benar ngejiplak, malah game ini nawarin sesuatu yang baru. Fortnite yang awalnya dianggap sebagai plagiat nyatanya malah semakin berjaya. Enggak mau kalah dari PUBG, Fortnite juga telah berhasil beberapa kali mecahin rekor dengan total viewers, yang paling dicari di situs YouTube.

 

Grafis Battle Royale Mana Lebih Baik? 

Memang sedikit tidak menarik jika kita ngebandingin grafis ‘Fortnite dan PUBG’. Karena, keduanya memang punya gaya visualnya masing-masing. Jadi tidak mungkin kita dapat membandingkan perbedaanya secara detail. Fortnite memiliki grafis versi komikal yang menarik dengan manfaatkan warna-warna disetiap lokasi misinya, sedangkan PUBG punya grafis yang lebih realistis yag mampu mempengarui atmosfer permainan.

Fortnite dinilai lebih kartunis dan berwarna seperti game Arms Version Nintendo. Sehingga, sensasi pertempuran sungguhan seperti dunia nyata agak kurang terasa dibandingkan PUBG. Namun dengan tampilan grafis yang lebih mempunyai banyak warna, segar, lucu, Fortnite lebih menyenangkan untuk dimainkan.

 

Gameplay dan Fitur

Di PUBG, pemain hanya perlu bersembunyi di kamar, gedung-gedung ataupun semak belukar agar tak terlihat oleh musuh, untuk mencari sudut pandang yang lebih baik agar dapat membidik musuh dengan tepat.

Sementara di Fortnite, pemain dapat membuat bangunan dari bentuk kayu bersusun dengan bahan lainnya sebagai tameng atau persembunyian agar menghindari saat lawan ingin menyerang dan menembak pemain.

 

Maps

Dalam game bergenre battle royale, maps memang menjadi salah satu elemen terpenting dalam permainan ini. Ukuran maps bisa mempengaruhi penjelajahan sang pemain. Apabila maps-nya besar, maka gamer akan lebih jarang bertemu dengan musuh, sementara peta yang kecil memungkinkan gamer untuk bertemu musuh lebih sering.

Map pada PUBG cenderung lebih besar, sehingga mengharuskan gamer bergerak cepat dengan kendaraan untuk mendekati lawan ataupun menghindari lawan. Sehingga, durasi permainan akan terasa lebih lama saat dimainkan.

Sedangkan Fortnite, memiliki Map yang lebih kecil. Dengan demikian, pemain dituntut untuk lebih cepat mengambil keputusan. Fortnite benar-benar siap untuk para gamer yang senang permainan cepat dan menentukan strategi permainan.

 

Jadi, mana yang lebih sesuai dengan preferensi dan karakter kamu, ingin masuk tim PUBG atau tim Fortnite?