Percaya diri merupakan sikap positif seseorang yang menemukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya saat itu. Orang yang percaya diri lebih mampu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, orang yang percaya diri biasanya akan lebih mudah berbaur dan beradaptasi dibanding dengan yang tidak percaya diri.

Kepercayaan diri berawal dari diri sendiri dan dukungan dari orang lain. Kepercayaan diri dapat mengubah seseorang yang biasanya tidak berani dalam menghadapi sesuatu, denganadanya kepercayaan diri seseorang menjadi lebih yakin dan mampu dalam menghadapi atau mengerjakan sesuatu.

Kepercayaan diri adalah suatu sikap atau perasaan yakin atas kemampuan diri sendiri. Suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya mampu untuk mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya.

Beberapa tips dari Rizki rokan bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri seseorang:

  1. Bergaul dengan orang-orang yang memiliki rasa percaya diri dan berpikiran positif
  2. Sering melatatih diri, ini artinya kita harus lebih sering sering bertemu dengan orang banyak. Berlatih Berkomunikasi dengan baik ketika berbicara dengan orang lain atau bahkan ketika dengan orang- orang yang ada disekeliling kita.
  3. Jangan takut mengambil resiko. Jadi dalam menjalani kehidupan ini pasti selalu ada pilihan yang ada dihadapan kita, pilihan yang selalu datang dalam hidup kita. Jangan takkut ketika akan mengambil sebuah keputusan, karena yang tau hanya lah diri kita sendiri disetiap alasan kita mengapa ambil keputusan tersebut. Dan pasti nya selalu ada resiko yang berbeda- beda disetiap pilihan yang kita ambil nantinya.
  4. Memberikan penghargaan yang jujur terhadap diri sendiri. Maksudnya kita harus menghargai sekecil apapun keberhasilan yang kita lakukan dan potensi yang ada dalam diri kita.
  5. Selalu berpikir positif tentang diri kita. Yakinkan bahwa apa ayang akan kita lakukan adalah sesuatu yang benar dan sesuatu tersebut tidak akan berdampak negatif pada diri kita sendiri.

Dan yang paling sangat sangaat penting adalah harus mendekatkan diri kepada Allah dan harus selalu melaksanakan ibadahnya . karena dibalik itu semua Allah pasti akan melancarkan segala urusan yang ada di hidup kita dan dengan begitu rasa percaya diri dalam diri kita pasti akan meningkat secara baik . karena setiap apapun yang akan kita lakukan , kita pasti tidak akan pernah merasa takut, tidak akan merasa khawatir atas apapun yang sudah kita pilih karena kita pasti selalu berpikir positif dan juga karna kita pasti selalu merasa didalam lindungan ALLAH SWT.