Punya bisnis sendiri rasanya sangat menyenangkan. Apalagi bisnis yang tela kita jalani meraih kesuksesan. Siapa yang gak mau cobak? Ibarat usaha dan kerja keras membangun bisnis kita terbayar dengan impas.

Eitss.. stop untuk berandai-andai dulu, karena sekarang yang harus kita lakukan adalah memulai bisnis yang akan kamu jalankan. Tapi sebelum kamu memulainya ada baiknya kamu simak terlebih dahulu langkah-langkah agar bisnisnya kamu bisa sukses:

1. Temukan Ide Bisnis
Sebelumnya, buatlah daftar bisnis yang akan kamu mulai. Baik itu bisnis berbasis rumahan atau berbasis internet dari jasa hingga produknya. Setelah muncul beberapa ide untuk bisnis, silahkan kamu pilih satu gagasan ide terbaik dari sekian banyak ide yang kamu dapatkan. Bila kamu telah memilih bisnis ini, kemudian lanjutkan dengan konsep, merek, dan model bisnisnya

 

Lakukan riset cepat dari perusahaan yang telah ada di industri yang seperti kamu pilih. Belajarlah bagaimana pelaku bisnis tersebut menjalankan bisnis mereka, agar kamu tahu bagaimana kamu bisa menentukan langkah bisnis kamu. Bila kamu pikir bisnis kamu bisa memberikan yang berbeda yang tidak bisa diberikan oleh perusahaan lain, maka kamu telah siap membuat rencana bisnis.

2. Jika mendapat masalah, catat secara rinci
Menyimpan catatan rinci setiap masalah bisnis kamu akan membantu kamu mengetahui bagaimana kondisi dan apa potensi serta tantangan yang akan dihadapi.
Dari sini akan berkembang strategi bisnis yang bisa membantu mengatasi tantangan tersebut dan memberikan jalan keluar yang tepat untuk bisnis kamu.

3. Pendanaan
Nah ini yang menjadi tantangan bisnis kamu. Tapi gini deh sebaiknya berpikir dulu apakah bisnis yang dijalani hanya sampingan atau menjadi mata pencaharian utama. Bila hanya sampingan dari pekerjaan utama, maka kamu bisa menutup biaya dari pendapatan utama kamu tanpa harus berutang.

Namun, jika menjadikan bisnis ini menjadi pekerjaan utama, sebaiknya kamu bersabar dulu dengan menabung untuk memulai bisnis, karena banyak hal yang akan benar-benar kamu butuhkan dengan kondisi finance dalam membangun bisnis kamu.

Tapi jika kamu kekeh akan keberhasilan bisnis kamu, kredit komersial perbankan bisa jadi langkah awal yang bagus. Pinjaman kecil dari keluarga dan sahabat bisa juga menjadi cara bagus untuk memulai bisnis, dan wajib kamu kembalikan di kemudian hari.

4. Warnai Brand Bisnis
Tapi sebelum memasarkannya, kamu harus membangun brand atau wajah bisnis kamu terlebih dulu. Buatlah logo yang mudah diingat orang dan gunakan logo itu secara konsisten dalam setiap platform yang kamu gunakan.

5. Kenalkan Ide Bisnis
Ide memulai bisnis yang bagus tidak akan berjalan baik jika orang lain tidak mengetahuinya. Walaupun pemasaran dari mulut ke mulut masih ampuh, tapi usahakan kamu harus memasarkan ke luar lingkaran lingkungan kamu. Seperti media sosial atau platform promosi bisa menjadi cara praktis untuk bisnis skala kecil saat ini.

6. Selalu belajar
Tak perlu gengsi untuk belajar dan mengamati bisnis lainnya yang lebih dulu telah sukses dengan bidang yang sama. Tujuannya adalah sebagai pengetahuan kamu mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan, agar produk kamu bisa lebih inovatif.