Loh kok bisa? Pasti ini terdengar seperti lelucon buat anda. Apalagi karna menilai menangis identik dengan rasa sedih yang berawal dari hal menyakitkan. Katanya tak bisa dijamak oleh kata-kata, Ya dengan menangis lah cara yang ampuh untuk mengungkapkannya.

Berbicara mengenai Menangis, mungkin masih banyak masyarakat yang belum banyak mengetahui tentang manfaat dari menangis. Apalagi banyak yang mengkhawatirkan air mata yang terus menerus dikeluarkan akan habis seperti ada limit-nya, namun hal itu belum diketahui kebenarannya. Percaya gak percaya sih.

Nah ketimbang takut untuk menangis, seperti dilansir doktersehat.com menangis sebenarnya tidak hanya membuat mata merah dan menjadi bengkak saja, melainkan juga memiliki manfaat lho bagi kesehatan. Yuk simak informasinya,

1. Membantu Penglihatan Mata
Menangis juga dapat membantu penglihatan mata karna mata kita akan menjadi terang dan juga akan mencegah mata mengalami dehidrasi yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur. jadi bukan hanya tubuh yang dalam saja yang mengalami dehidrasi, mata juga dapat menimbulkan dehidrasi.

2. Mengurangi Stres
Stres menjadi salah satu pemicu manusia jika terlalu banyak masalah ataupun terlalu capek organ otak bekerja sehingga tak dapat dicerna lagi dan stres langsung menyambut anda. Biasanya dengan cara menangis anda akan merasakan sedikit penggurangan beban pikiran yang sedang dialaminya. Karna air mata akan mengeluarkan hormone stres yang terdapat di dalam tubuh atau yang di sebut endorphin leucine enkaphalin. Dan karena itulah jika kita mendapatkan masalah kemudian kita akan menggungkapkan nya lewat air mata.

3. Membunuh bakteri
Air mata yang kita keluarkan mengandung cairan yang di sebut juga dengan lisozon. Dan cairan ini dapat membunuh bakteri hingga 95% bakteri yang tertinggal pada mata akibat aktifitas kita sehari-hari.

4. Mengurangi tekanan dan rasa sakit
Menangis dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan. Ini membantu Anda untuk membiarkan emosi Anda pergi dan untuk mengekspresikan diri. Hal ini akan meringankan beban bahwa air mata membawa dan membantu Anda untuk mengatasi rasa sakit yang Anda rasakan.

Sudah tahu kan manfaat menangis untuk kesehatan, so walau bermanfaat bagi kesehatan tapi jangan jadikan tangisan anda sebagai pengungkap kesedihan, menjadikan diri anda lemah dan tak berguna. Alhasil menyebabkan anda tidak dapat mengendalikan diri anda sendiri. Dibalik itu semua banyak hal yang positif yang dapat kita dapatkan dari tangisan kita. Percaya deh!

oleh: Prislia Margaretta Manullang