Kini, Instagram tak hanya jadi wadah ekspresi diri dalam bentuk gambar, lantunan kata, juga hashtag atau tanda pagar (tagar). Banyak orang mulai memanfaatkan media ini untuk menjadi “selebram” atau selebriti yang terkenal lewat Instagram. Seseorang terbilang sukses menjadi selebgram bila akun Instagram miliknya diikuti oleh banyak follower dan bisa menarik banyak respons, baik berupa likes ataupun komentar. Jika sudah memiliki banyak penggemar seperti ini, biasanya ada saja brand yang ingin menggunakan “ketenaran” selebgram tersebut untuk memasarkan produk.

Seperti selebgram Medan yang satu ini, Nama Claresta Haniyah memang sudah tak tak asing bagi pengguna instagram, khususnya remaja di kota Medan. Dirinya semakin banyak dikenal orang dan kini akun instagramnya hampir diikuti 100.000 followers. Gadis cantik yang lebih akrab disapa Clara ini, lahir di Medan pada 15 Desember 1999. Saat ini ia tercatat sebagai mahasiswa aktif semester dua di jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (USU).

Di usia yang menginjak 18 tahun, pemilik nama asli Claresta Haniyah Rambe itu mengaku bangga menjadi selebgram. Menurutnya, selebgram bakal populer ke depannya hingga menjadi sebuah pekerjaan. Apalagi, saat ini dirinya sudah banyak mendapat penghasilan sebagai selebgram. Tak tanggung-tanggung dalam satu bulan clara bisa menghasilkan lebih dari 15 juta rupiah. Hal itu ia dapatkan dari banyaknya permintaaan endorsement, permintaan ulasan produk, dan lain sebagainya di akun instagram Clara. Hal tersebut menjadi awal bagi karir Clara. Proses yang telah Clara jalani menjadikannya sukses sebagai influencer yang menginspirasi remaja-remaja di kota Medan.

Clara bahkan memberikan tips and trick bagi siapa saja yang tertarik untuk mengikuti jejaknya sebagai selebgram. “Konten yang kita buat harus unik dan menampikan karakter khas diri kita, seperti aku yang suka produk kecantikan, makanya aku coba buat berbagi tutorial make-up dan tips-tips kecantikan. Lalu coba lah mengunggah foto minimal satu kali setiap harinya, dan yang paling penting coba membangun interaksi dengan followers. Membalas komentar sangat diperlukan, walaupun komentar yang ada gak selalu positif, ada saja orang iseng yang berkomentar miring. Namun, abaikan dan jawab saja komentar seperti itu dengan hati tenang, kalau perlu balas saja dengan jawaban kocak.” Ungkap Clara.