Bocah berusia delapan tahun itu akrab disapa Icik. Nama lengkapnya Gania Yumna. Ia tinggal di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Walau usianya masih sangat belia, kecintaan Icik kepada Palestina begitu membara.

Pekan lalu Icik ditemani orang tuanya dari Batusangkar datang ke Kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) di bilangan S Parman, Ulak Karang, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Bocah yang masih duduk di bangku sekolah dasar itu menyerahkan donasi untuk Palestina.

“Saya mau berdonasi untuk Palestina lewat ACT,” ungkap Icik ke tim ACT Padang.

Donasi yang Icik berikan merupakan dana tabungannya selama sekitar setahun ini. Tabungan itu ia kumpulkan dari pemberian uang saku lebaran dari kerabat dan hasil berjualan permen serta origami. Orang tua Icik mengaku, anaknya sangat bersemangat mengumpulkan uang sendiri untuk saudara-saudaranya di Bumi Syam itu.

Icik dan orang tuanya pada Ahad itu menyerahkan donasi sebesar Rp5 juta. Anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar ini berharap donasi yang ia berikan dapat meringankan beban kawan-kawannya di Palestina. “Semoga Palestina segera dapat merdeka,” harap Icik.

Beberapa waktu lalu, ACT Sumbar juga sempat mendokumentasikan video ungkapan Icik terhadap Palestina.

Cita-citanya ingin menjadi dokter agar dapat mengobati saudara-saudaranya di Palestina. Ia juga ingin pergi ke Palestina untuk berjuang bersama mengusir penjajahan Israel terhadap Palestina.