(7/12/17 Medan) Pentingnya unsur fotografi dalam dunia jurnalistik, menggerakkan salah satu lembaga pers nasional yaitu Serikat Perusahaan Pers (SPS), menggelar Workshop Fotografi yang bertema “Ketika Foto Berbicara”. Bertempat di Hotel Le Polonia Medan, pada Kamis, 7 Desember 2017. Dihadiri oleh para fotografer local, mahasiswa, beserta wartawan dan pekerja media.

Workshop ini menghadirkan  narasumber yang sudah handal dan mempunyai banyak pengalaman di dunia fotografi jurnalistik. Ruly Kusuma (redaktur foto Tempo), berbagi banyak ilmu beserta pengalamannya. “Foto Jurnalistik sesungguhnya adalah foto yang mempunyai nilai berita dan menimbulkan efek ketiga bagi yang melihatnya” ujar Ruly disela workshop yang dibawanya.

Seiring kemajuan teknologi, media merupakan salah satu yang berkembang secara dinamis. Dengan mulai bergesernya minat media cetak menjadi media online. Foto sebagai salah satu unsur penting dalam sebuah berita, tidak lagi hanya bisa diambil oleh fotografer professional. Masyarakat biasapun bisa mengambil sebuah foto yang bernilai berita lalu menyebarkannya ke media sosial. Namun, kualitas foto yang dihasilkan oleh amatir tentu berbeda dengan hasil foto seorang fotografer. Mulai dari angle, teknik, dan etika dalam fotografi. Maka dari itu, penting untuk seorang fotografer memahami benar bagaimana menjadi seorang fotografer berkualitas dan beretika.

Dengan digelarnya Workshop Fotografi ini, H. Farianda Putra Sinik. SE selaku ketua SPS Sumut, berharap para peserta yang hadir, terutama calon-calon penerus penggiat Pers, dapat memahami bagaimana menjadi seorang fotografer jurnalistik. Serta meningkatkan kualitas dunia jurnalistik di Indonesia. Karena pada dasarnya, semakin baik dunia jurnalistik disuatu Negara, maka semakin baik pulalah kualitas masyarakatnya.