Selama setahun terakhir, YouTube telah membangun beberapa opsi layanan untuk meningkatkan pendapatan para pembuat kontentnya, dengan meluncurkan fitur terbaru.

Misalnya, dalam fitur “Super Chat”, fitur yang memungkinkan penggemar membayarkan sejumlah biaya agar menampilkan pesan mereka di bagian teratas dalam obrolan langsung selama streaming berlangsung dan pemutaran perdana (Premier) .

Sekarang, peningkatan jumlah fitur Super Chat pun semakin menonjol. Lebih dari 90.000 saluran telah menggunakannya, sehingga menarik perhatian youtube untuk menambahkan fitur Super Sticker sebagai pelengkapnya.

Bocoran Super Sticker nantinya, mengarahkan penggemar untuk membeli stiker animasi. Dengan hadir dalam beberapa desain, berbagai bahasa dan beragam kategori. Dari desain permainan, fashion & kecantikan, olahraga, musik, makanan, dan lainnya, fitur ini akan berlangsung selama streaming dan pemutaran perdana untuk menunjukkan bahwa viewers menyukai pembuat konten tersebut.

Menariknya, dalam fitur super stiker ini – benar atau tidaknya seperti terinspirasi dari emotes pesaing utamanya “Twitch“, pelopor platform live streaming game populer yang juga membawa stiker animasi ke dalam obrolan langsung sebagai cara mendukung creatornya.



Persaingan ketat dua platform creator antara Youtube dan Twitch seperti semakin benar adanya. Terlihat satu sama lain meringkas ide dari setiap fitur kompetitornya, agar semakin gencar merebut penggunanya.

Apalagi dengan popularitas Twitch yang semakin meningkat dengan banyak disukai oleh pelopor top game yang sebelumnya pernah hadir di Youtube.

Berbanding dengan Youtube yang menjadi berita utama, ketika mereka kembali mengubah kebijakan monetisasi, meluncurkan pembatasan iklan baru untuk konten dan pembuat.

Youtube dan Twitch sudah pasti memiliki kelebihan masing-masing dalam membangun fitur-fitur mereka, hal itu tergantung pada parameter dan manfaat platform mana yang harus digunakan penggunanya.