Jika kamu menemukan diri kamu mengerjakan proyek dokumenter yang mulai membosankan, berikut adalah cara cepat untuk membantu kamu kembali ke jalur yang benar.

Bagi siapa pun yang membaca ini yang segera ingin menunjukkan bahwa film dokumenter – pada dasarnya – secara inheren membosankan, Kamu salah. Ya, film dokumenter dapat mengatasi masalah yang sangat serius. Mereka dapat menjadi kompleks, bernuansa, dan berkembang. Mereka bisa panjang, lambat, dan bahkan lengkap. Tapi mereka seharusnya tidak membosankan!

Tujuan utama dari setiap film dokumenter yang bagus adalah – pertama dan terutama – untuk memberi informasi. Namun, untuk memberi tahu audiens dengan baik, kamu harus menyatukan sesuatu yang memiliki semua elemen hiburan yang menarik. Dan, karena film dokumenter adalah genre pembuatan film, banyak trik dan teknik yang sama yang berlaku untuk bercerita naratif juga dapat kamu terapkan seperti video short movie yang akan menjadi inspirasi.

Mari kita lihat bagaimana mereka mengerjakannya.

Pada akhirnya, kamu akan lebih suka seseorang menonton film kamu dan berkata “Saya berharap itu lebih lama” daripada “Saya berharap itu lebih pendek.” Dan, di zaman sekarang konten yang tersedia online, tidak ada alasan mengapa kamu tidak dapat membuat proyek lebih pendek, kemudian menawarkan lebih banyak konten nanti, jika ada permintaan dari audiens.