Bagi kamu yang baru mengenal seorang ilustrator, art director, atau desainer web, percaya gak percaya orang-orang kreatif seperti mereka merupakan seorang multi-talenta. Sebab mereka biasanya tidak hanya berkecimpung dalam satu bidang berdasarkan keahlian mereka saja, melainkan memiliki kemampuan berbagai bidang lainnya.

Sama halnya orang-orang terkenal yang memiliki bakat sebagai desainer grafis, seperti musisi tanah air kita  yang juga berperan sebagai ilustrator, siapa sangka selebritas dunia yang kita kenal ternyata ahli dalam design grafis dan ilustrator.

Bahkan beberapa dari selebritas ini memulai sebagai ilustrator dan melanjutkan karir mereka dibidang seni lainnya, sementara yang lain terus menggunakan pensil terbaik dan keterampilan menggambar sepanjang karier mereka …

Nah, kami telah menemukan beberapa orang terkenal dunia yang juga menggeluti desain di tahun-tahun perjalanan mereka. Hasrat awal mereka untuk sebuah subjek gambar ternyata mempengaruhi karir mereka dengan cara yang tidak terduga.

01. Pierce Brosnan 

Terkenal sebagai James Bond terbaik, Pierce Brosnan telah melatih dirinya sebagai ilustrator komersial sebelum mendapatkan lisensinya untuk menjadi target yang diburu difilmnya.

Aktor ini mulai belajar menggambar di St. Martins, bekerja sebagai ilustrator freelance. Tapi dia putus setelah menghadiri lokakarya sirkus, dan menyadari pentingnya untuk kembali mengasah kemampuannya. Dia kembali ke St. Martin tiga tahun kemudian, namun kali ini sebagai mahasiswa drama.

 

02. Ricky Wilson 

Sebelum menjadi vokalis Kaiser Chiefs, Ricky Wilson sempat belajar di Leeds Metropolitan University untuk mendapatkan gelar BA dalam Desain Grafis. Setelah lulus pada tahun 2000, seorang penyanyi dan pencipta lagu ini juga pernah bekerja sebagai dosen paruh waktu dalam mata kuliah di Leeds College of Art.

 

03. Alan Rickman 

Alan Rickman yang hebat dan selalu disalahpahami oleh generasi Harry Potter yang mengenalnya sebagai Severus Snape. Dan bagi kamu masa tahun 80an dia akan selamanya menjadi Hans Gruber, musuh Bruce Willis di Die Hard.

Lulusan dari Sekolah Tinggi Seni dan Desain di Chelsea, dan melanjutkan menyelesaikan gelar pascasarjana di Royal College of Art. Di sana, dia bekerja pada jurnal siswa Ark yang terkenal pada tahun 1969 dan 1970. Selama tahun-tahun di RCA, ia mendirikan agensinya sendiri, Graphiti. Meskipun sukses dalam desain, hati Rickman muda lantas menarik dirinya untuk berakting dan ia mengakhiri Graphiti setelah diterima di Royal Academy for Dramatic Arts pada tahun 1972.

 

04. Chuck D

Public Enemy, salah satu kelompok paling berpengaruh dalam sejarah rap, selalu memiliki identitas visual yang kuat selain gambaran sisi gelap dari anggota pendirinya. Sebelum merekam album klasik seperti ‘Fear of a Black Planet’, Chuck D (dikenal sebagai Carlton Douglas Ridenhour) belajar desain grafis di New York’s Adelphi University.

Chuck D muda termotivasi untuk kembali ke universitas mengulangi tahun yang hilang, setelah merilis lagu rap pertamanya pada tahun 1979. Rapper yang pernah manggung di Soulnation Festival 2011 istora senayan Jakarta ini merupakan lulusan yang termasuk predikat Dean’s List pada tahun 1984, yang kini mengkhususkan dirinya dalam cover art designer untuk Public Enemy’s.

 

05. Andy Serkis

Andy Serkis meraih ketenaran di dunia layar lebar saat perannya sebagai Gollum (Sméagol) di Lord of the Rings dan trilogi The Hobbit, walau seharusnya dia memiliki potensi untuk menjadi orang yang paling tepat untuk merancang poster filmnya jika ia tidak terlibat.

Sebelum dikenal sebagai bintang – Andy Serkis pernah belajar seni visual di Universitas Lancaster. Dan siapa sangka dibalik pengisi suara dan segala gerakan karakter pemimpin para kera di Rise Of The Planet Of The Apes, pernah berjuang untuk masuk studi teater agar dapat mendesain poster produksi di universitasnya masa itu. Dari perjuangannya, kini banyak media ternama yang menilai bahwa Andi Serkis sangat layak di nobatkan sebagai Aktor pemeran gerak extraordinaire di dunia layar lebar.

 

06. Derren Brown

Derren Brown mungkin asing bagi publik Indonesia namun dinegaranya dia dikenal dengan mentalis paling keras di Inggris. Dia memiliki pekerjaan kedua sebagai karikatur majalah selebritas.

Keahlian menggambarnya dia dapatkan saat Derren Brown membuat gambar-gambar yang kejam tugas dari gurunya untuk membuat teman-temannya berhenti memukulnya.

Meskipun ia tidak memiliki pelatihan formal, ia kemudian mengembangkan keterampilannya dengan akrilik, melukis teman-teman selebriti dan influencer untuk kotanya.

 

07. Freddie Mercury

Sepanjang karier fenomenal ‘Queen’, Freddie Mercury membuktikan bahwa dia memiliki bakat visual sebagai pengenalannya. Tanpa bakat vokalnya dan desain Mercury yang luar biasa, Queen ‘mungkin’ hanyalah band heavy rock yang sombong dan dilupakan.

Sang bintang merupakan alumni Ealing College of Art, bersama gitaris Pete Townshend dan Rolling Stones, Ronnie Wood, lulus dengan diploma dalam desain grafis. Dia juga belajar di Isleworth Polytechnic (sekarang West Thames College).

Salah satu hasil karya pertamanya yang dimunculkan adalah desain lambang ikon Ratu, yang digunakan pada sampul beberapa album (termasuk A Night at the Opera dan A Day at the Races) dan pada merchandise Queen hingga hari ini.

 

08. John Lennon

Beatle John Lennon, terkenal sebagai musisi dan aktivis perdamaian dunia yang sebelum hidupnya berubah dan meninggalkan penggemarnya pada tahun 1980. Namun dia kurang dikenal sebagai seorang seniman visual, jauh sebelum Yoko Ono muncul.

Lennon sering menghadiri Liverpool College of Art di akhir 50-an dan awal 60-an bersama pasangannya dan pemain bass pertama The Beatles, Stuart Sutcliffe. Sayangnya, dia terlalu sibuk dengan The Beatles untuk mendapat gelar sarjananya – tetapi tidak menghentikannya untuk menggambar.

Lennon menerbitkan dua buku selama tahun-tahun Beatle “In His Own Write” dan “A Spaniard in the Works”. Mereka mengumpulkan bersama potongan cerita, puisi, kartun, dan ilustrasi – beberapa berasal dari masa kecilnya.

 

Sumber: desymbol.com