Software desain grafis mahal – sangat tidak mungkin bagi mereka bisa membelinya, terutama bagi mereka yang ingin memulai sebagai desain grafis.

Tapi bukan berarti mereka yang tidak mampu membayar pembayaran software langganan tidak dapat berkarya melalui desain. Karena ada beberapa software desain grafis gratis luar biasa yang tidak banyak diketahui designer dengan beragam fitur tidak kalah pamor dengan nama besar seperti Adobe.

 

01. Vectr

System: Browser, Windows, Linux, ChromeOS

Tersedia berbentuk aplikasi web browser/online dan aplikasi desktop yang berdiri sendiri, Vectr adalah editor gratis untuk membuat grafik vektor 2D. Dengan semua fitur vektor yangkamu harapkan, ditambah banyak pilihan untuk menggunakan filter, bayangan, dan font, cukup fleksibel untuk tugas desain sehari-hari. Sangat siap untuk kolaborasi langsung dengan pilihan sinkronisasi, yang memungkinkan kamu untuk berhubungan dengan siapa pun, di mana saja, untuk membuat bersama-sama.

 

02. Krita

System: Windows, Mac, Linux

Didesain dengan industri VFX dan seniman konsep, ilustrator, seniman matte dan tekstur dalam pikiran, Krita adalah alat lukis sumber terbuka dan gratis yang telah dikembangkan sejak tahun 1999. Perangkat ini dilengkapi dengan seperangkat kuas lengkap yang cocok untuk semua jenis pekerjaan, dan ada banyak plugin yang tersedia, mulai dari filter canggih hingga asisten melukis untuk pekerjaan perspektif.

Fitur penting termasuk stabilisator sikat untuk memuluskan garis apapun, mode melingkar untuk membuat tekstur dan pola yang mulus, dan palet pop-up untuk pemilihan warna yang cepat.

 

03. Gravit Designer

System: Browser, Windows, Mac OS, Linux, ChromeOS

aplikasi desain vektor berfitur lengkap yang cocok untuk semua jenis pekerjaan, mulai dari desain layar dan ikon hingga presentasi, ilustrasi, dan animasi.

Dengan tampilannya yang cerah menyesuaikan dirinya sendiri memastikan para desain grafis akan membutuhkannya, software desain grafis gratis ini memaketkan banyak fitur untuk menciptakan citra vektor yang detail dan indah, termasuk boolean non-destruktif, alat pisau, dan grafik jalur, ditambah beberapa pengisian dan pencampuran mode, dan mesin teks yang kuat.

 

04. Blender

System: Windows, Mac, Linux

Jika kamu serius dengan 3D tetapi sangat berjuang keras untuk dapat membeli softwarenya, maka kamu beruntung. Blender adalah suite pembuatan konten sumber terbuka 3D gratis, tersedia untuk semua sistem operasi utama.

Dimulai oleh pendiri Blender Foundation, Ton Roosendaal pada tahun 2002, Blender sekarang adalah alat open source terbesar untuk pembuatan 3D. Pembuatnya terus-menerus mengerjakan pengembangannya, tetapi kamu dapat melakukan banyak hal 3D terkait dengan software ini, termasuk pemodelan, tekstur, animasi, rendering, dan pengomposisian.

 

05. Daz Studio

System: Windows, Mac OS

Software kustomisasi, pemosisian, dan animasi gambar 3D yang memungkinkan seniman dari semua tingkat keterampilan untuk menciptakan seni digital menggunakan orang, hewan, alat peraga, kendaraan, aksesori, dan lingkungan virtual.

Dengan Daz Studio, kamu dapat membuat karakter dan avatar 3D kustom, mendesain lingkungan virtual, menghasilkan elemen desain grafis, dan banyak lagi. Selain itu terdapat tambahan plugin lengkap yang ditawarkan secara gratis dan juga pilihan berbayarnya.