Siapa yang tidak kenal lembaga antariksa terbesar di Dunia, NASA. Sebuah lembaga penelitian milik Amerika Serikat ini, selama perjalanannya insinyur di NASA banyak membuat berbagai aplikasi-aplikasi yang dipergunakan untuk keperluan misi-misi yang mereka tangani. Kebanyakan aplikasi yang dibuat NASA pada umumnya berlisensi open source yang dapat digunakan masyarakat luas.

Nah, baru-baru ini NASA telah mengumumkan bahwa mereka telah merilis software edisi 2017-2018 dengan berbagai Kategori, yang dapat di unduh untuk umum secara Gratis, tanpa biaya maupun hak ciptanya dalam bentuk cetak maupun offline.

Software katalog yang disediakan oleh NASA mencakup semua tool yang digunakan untuk mengekplorasi dunia antariksa. Nasa berharap dengan akses gratis yang mereka berikan mampu menumbuhkan inovasi kepada para profesional, pengusaha, pelaku industri, dan akademisi.

“Software-software tersebut telah menjadi komponen penting dari setiap keberhasilan misi NASA dan penemuan-penemuan ilmiah. Bahkan lebih dari 30 persen dari semua inovasi dari NASA yang dilaporkan adalah perangkat lunak, ” jelas Steve Jurczyk, associate administrator untuk NASA divisi Space Technology Mission Directorate (STMD) di Washington.

 

 

Software milik NASA dapat di download melalui software.nasa.gov, jika ingin lebih mengenal apa-apa saja yang terdapat dalam teknologi NASA, anda dapat mengakses technology.nasa.gov.