Bandung, 8 Maret 2024 – Rumah seringkali dianggap sebagai tempat yang nyaman dan aman bagi banyak orang. Namun, bagaimana jika di balik kesan tersebut, rumah justru menjadi medan pertempuran yang tak terlihat? Inilah yang ingin disampaikan oleh musisi indie Araji melalui lagu terbarunya yang berjudul “Pertempuran yang Tak Terlihat”.

Dalam lagu ini, Araji menggambarkan betapa di setiap rumah yang terlihat damai, seringkali tersembunyi masalah-masalah yang tidak terlihat oleh banyak orang. Masalah-masalah ini bisa muncul karena berbagai alasan, seperti ego atau bahkan kesalahan yang tidak disengaja.

Inspirasi lagu ini datang dari realitas kehidupan sehari-hari, di mana Araji menulis lirik “Kau tabuh, genderang perang, dalam pertempuran, yang tak terlihat, oleh matamu”, mengisyaratkan bahwa konflik ini bisa muncul karena berbagai alasan, baik disengaja maupun tidak.

Dengan bantuan rekan sejawatnya, Marvel Sumbayak dan Esa Prakasa, Araji menggarap lagu ini dalam genre alternatif rock yang menghentak. “Pertempuran yang Tak Terlihat” merupakan bagian dari trilogi berjudul “Dimensi”, yang juga mencakup lagu-lagu “Hari Ini” dan “Dimensi”.

Single ini telah tersedia di berbagai platform streaming digital sejak Jumat lalu (8/3). Araji berharap lagu ini dapat membangkitkan emosi dan kesadaran akan keberagaman serta kompleksitas di dalam rumah, menciptakan ikatan emosional yang mendalam dengan pendengarnya.

project info:

name: Araji
project music: ‘Pertempuran yang Tak Terlihat’
composed & arranged by Hendra Araji, Esa Prakasa & Marvell Sumbayak
lyrics by: Hendra Araji
producer by Esa Prakasa
vocal produced by Pangestu Hning Bhawana
drums by Samson Riki Johanes
electric bass & electric guitars by Esa Prakasa
piano & keys by Marvell Sumbayak
sound design & drums programming by Esa Prakasa
mixed & mastered by Canggar Krisnatry at Borland Audiolabs, Bandung
mix prep by Robert Daniel
recorded at Escape Studio, Bandung Engineered by Muhammad Rizal & Fauzi Nurdinsah
recorded at Abad 21 Studio, Bandung Engineered by Esa Prakasa