Surabaya, – VEARTH, proyek musik baru yang bermula dari solo project Nugros, telah menandai kehadirannya dengan begitu kuat sejak 1 Juni 2023. Terdiri dari tiga personel, Nugros, Krisbi, dan Dewa, VEARTH membawa konsep yang segar dalam dunia musik rock alternative. Meskipun ketiganya sebelumnya aktif dalam grup musik Possible Out Somewhere yang mengusung aliran deathcore sejak 2010, VEARTH mengeksplorasi perbedaan konsep dari karya-karya sebelumnya.

Nama VEARTH sendiri diambil dari bahasa Kanji, (大地 (ヴァース), Vāsu yang berarti ‘Great Earth’ atau ‘Bumi yang Besar’. Ini menjadi manifestasi dari harapan mereka untuk memberikan dampak positif dalam skena musik Indonesia dan internasional.

Single perdana VEARTH, berjudul ‘Fell & Drown’, mengisahkan kisah seorang pria yang terjebak dalam hubungan yang tidak sehat dengan seorang wanita. Dipimpin oleh Nugros, lagu ini mencerminkan perjuangan batin sang protagonis dalam menghadapi keadaan yang menguasai hati dan pikirannya. Dengan bantuan GRNS dalam proses komposisi dan aransemen serta Ricky Aprianto dalam mixing & mastering, ‘Fell & Drown’ menawarkan pengalaman mendalam bagi pendengarnya.

Video musik ‘Fell & Drown’ yang dirilis dua hari setelah single menambah dimensi baru dalam mengekspresikan cerita yang terkandung dalam lagu. Dengan arahan yang apik dari Alpha Xperiment dan produser Aditya Filo, video ini menghadirkan visual yang memikat dan mendalam.