Gak terasa, kita sudah di peujung tahun, menyambut tahun 2017 dan meninggalkan tahun 2016. Sudah pasti, malam tahun baru akan terasa semakin seru dengan merayakannya bersama keluarga, rekan kerja, sahabat, atau terlebih dengan pasangan. Biasanya berbagai acara akan di adakan, dalam memeriahkan malam tahun baru.

Menyambut malam tahun baru, pada umumnya orang-orang di Indonesia tentu akan melakukan berbagai tradisi seperti, melihat pesta kembang api, Konvoi kenderaan, nonton konser musik, meniup trompet, atau tidak tidur semalaman saat berganti tahun.

Tapi dari beberapa dari kita banyak yang tidak tahu, beberapa negara di luar Indonesia punya tradisi perayaan tahun baru yang unik lho. Malah menjadi hal yang wajib di setiap perayaan malam tahun barunya. Gak percaya? Yuk kita lihat gimana perayaan mereka!

 

1. Chili

Jika bagi sebagian orang-orang di tahun baru merayakan dalam suasana ceria, namun berbeda pula bagi warga Chili. Mereka memilih pemakaman sebagai tempat untuk merayakan pergantian tahun. Soalnya, mereka mau merayakan perayaan tahun baru dengan keluarga atau kerabat yang udah meninggal dunia.

Ilustrasi foto | Photo by Instagram

 

2. Filipina, Bolivia, Brazil, dan Meksiko

Memeriahkan perayaan 4 negara tersebut punya tradisi perayaan tahun baru yang unik lho saat merayakannya. Bagaimana tidak, sebab mereka wajib mengenakan pakaian dalam warna-warni! Di Bolivia, menggunakan celana dalam berwarna kuning saat perayaan pergantian tahun, dan dianggap bisa membawa peruntungan. Sedangkan di Brazil dan Meksiko, pakaian dalam yang biasa digunakan saat malam tahun baru mereka adalah pakaian dalam warna merah yang melambangkan kehidupan penuh cinta atau pakaian dalam kuning melambangkan kemakmuran. Nah, Filipina beda lagi,  warga Filipina memakai pakaian dalam dengan corak lingkaran sebagai simbol pengharapan rezeki.

Ilustrasi foto | photo by Instagram

 

3. Denmark

Sebelum merayakan perayaan tahun baru, warga Denmark telah mengumpulkan berbagai piring-piring bekas. Piring-piring itu bakal digunakan untuk melempari rumah teman saat malam tahun baru dan pemilik rumah tidak diperbolehkan untuk marah. Tradisi ini udah meluas di Denmark sehingga nggak ada orang yang mengeluh. Malah katanya rumah yang paling banyak dilempari piring adalah orang yang punya banyak teman dan disukai banyak orang.

Ilustrasi Foto | Photo by Instagram

 

4. Irlandia

Saat malam pergantian tahun, cewek-cewek single di Irlandia bakal menaruh beberapa helai daun mistletoe di bawah bantal sehingga sang pacar atau gebetan cepat melamar mereka. Selain itu, mereka juga percaya kalo kebiasaan ini bisa menjauhkan diri dari nasib sial di tahun yang baru.

Daun mistletoe | Photo by Instagram valeriazunzun

 

5. Ekuador

Di Ekuador, merayakan malam tahun baru dengan membakar foto-foto yang dianggap mereka menyimpan kenangan buruk. Mereka akan berkumpul di satu tempat dan menyalakan api untuk membakar foto-foto kelam mereka di tahun lalu, termasuk jejak si mantan katanya. Ups! ada yang mau coba?

ilustrasi foto | photo by Instagram

 

6. Turki

Warga Turki punya tradisi selalu melakukan penggalangan dana di setiap tahun barunya. Hal ini dilakukan karena mereka percaya, jika hal ini akan membawa kebahagiaan bagi siapa saja. Boleh di tiru ni bro.

Ilustrasi Foto | Photo by Instagram

 

7. Yunani

Warga Yunani selalu menebar biji delima setiap tanggal 1 Januari di setiap tahunnya, konon katanya merupakan simbol kemakmuran. Warga Yunani percaya bahwa buah delima melambangkan kesuksesan dan kemakmuran bagi mereka.

Dokumentasi Foto Rmolsumsel.com

 

Info berbagai sumber